PERAN HUMAS PT.PERTAMINA (PERSERO) BBM RETAIL REGION IV DALAM MENYELESAIKAN KASUS KECELAKAAN GAS ELPIJI 3 KG YANG TERJADI DI WILAYAH JATENG & DIY

Diana Dewi Surya, Diana Dewi Surya (2010) PERAN HUMAS PT.PERTAMINA (PERSERO) BBM RETAIL REGION IV DALAM MENYELESAIKAN KASUS KECELAKAAN GAS ELPIJI 3 KG YANG TERJADI DI WILAYAH JATENG & DIY. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
148Kb

Abstract

Pemerintah bersama PT. Pertamina mengadakan konversi minyak tanah ke gas yang dimulai dari tahun 2007 hingga sekarang. Namun sejak dimulainya program konversi ini hingga tahun 2010 sudah terdapat 43 kasus kecelakaan ledakan gas elpiji yang terjadi di wilayah Jateng & DIY dan menimbulkan korban jiwa serta kerugian materiil. Dalam hal ini PT.Pertamina sebagai penyelenggara harus bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah tersebut. Untuk itulah peran Humas PT.Pertamina sangat diperlukan dalam proses penyelesaian kasus kecelakaan gas elpiji ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Humas PT. Pertamina (Persero) BBM Retail Region IV dalam menyelesaikan kasus kecelakaan gas elpiji 3 kg yang terjadi khususnya di wilayah Jateng & DIY. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara mendalam dengan panduan interview guide kepada Humas dan Gas Domestik, dua orang korban kecelakaan gas elpiji serta dua orang pengguna gas elpiji. Cara yang digunakan oleh Humas PT.Pertamina dalam menyelesaikan kasus ini adalah dengan menggunakan pendekatan manajerial yang meliputi Fact Finding, Planning and Programming, Communicating dan Evaluating (Cutlip dan Center, Iriantara, 2007:14). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peran Humas dalam menyelesaikan kasus adalah dengan cara berkerjasama dengan pihak Gas Domestik selaku bagian yang berhubungan langsung dengan gas elpiji untuk memberikan bantuan berupa dana kepada korban sebagai biaya perawatan, memberikan resosialisasi kepada masyarakat melalui kader-kader di tiap kecamatan tentang bagaimana cara pemakaian gas elpiji yang aman, melalui pihak Gas Domestik melakukan Quality Control terhadap standart kelayakan gas elpiji dan juga Humas melakukan pemberitaan melalui media tentang pemberian bantuan kepada korban. Dan dari pemberitaan itu masyarakat dapat mengetahui bentuk tanggung jawab PT.Pertamina terhadap korban kecelakaan elpiji dan hal ini diharapkan dapat memperbaiki citra perusahaan dimata masyarakat. Hasil dari tindakan yang dilakukan oleh pihak PT.Pertamina ini sudah cukup efektif, hanya saja masih kurang pemerataan jumlah nominal yang diberikan kepada korban sehingga menimbulkan adanya kekecewaan yang dirasakan dari pihak korban.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Public Relations
ID Code:26080
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:28 Jan 2011 10:01
Last Modified:28 Jan 2011 10:01

Repository Staff Only: item control page