MENGURAI KEBERPIHAKAN MEDIA PADA MEGA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL SEMARANG-SOLO (Analisa Isi Media Suara Merdeka)

Amelia Citra Bahri, Amelia Citra Bahri (2010) MENGURAI KEBERPIHAKAN MEDIA PADA MEGA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL SEMARANG-SOLO (Analisa Isi Media Suara Merdeka). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
38Kb

Abstract

Dalam meningkatkan fasilitas Negara, pemerintah terus mengembangkan program pembangunan. Salah satu program pembangunan itu adalah perluasan pembangunan jalan tol di Jawa Tengah yaitu mega proyek pembangunan jalan tol Semarang-Solo yang menghubungkan kota Semarang dengan Surakarta. Dalam proses pembangunan jalan tol tersebut tentu saja terdapat kendala dan permasalahan, terutama dalam pembebasan tanah warga. Semua kendala dan permasalahan yang ditimbulkan oleh mega proyek pembangunan jalan tol Semarang-Solo menarik perhatian media massa khususnya surat kabar untuk meliput setiap perkembangan isu-isu yang terjadi. Maka dipilihlah pemberitaan surat kabar di Jawa Tengah yaitu Suara Merdeka, dikarenakan jalan tol Semarang-Solo terletak di wilayah Jawa Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kecenderungan isi pemberitaan Suara Merdeka tentang mega proyek pembangunan jalan tol Semarang-Solo. Kerangka teori yang mendukung penelitian ini adalah agenda setting dari Dennis McQuail, metodologi yang digunakan dengan metoda analisa isi dengan 3 orang koder sebagai penilai, populasi pemberitaan media Suara Merdeka bulan Juni – November 2010 sebanyak 33 judul berita dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Pemberitaan Suara Merdeka tentang mega proyek pembangunan jalan tol Semarang-Solo mempunyai kecenderungan disajikan dengan menggunakan paragraf yang proporsional, menampilkan judul berita yang provokatif, lead yang mampu menggambarkan intisari berita, didukung dengan sumber berita yang kredibel, pilihan gaya bahasa yang halus, objektif, namun tidak berimbang dalam peliputannya. Untuk mendapatkan hasil temuan penelitian yang akurat dilakukan intercoder reliability sehingga akan menggambarkan temuan penelitian dengan tingkat kredibilitas yang tinggi. Disaranakan Praktisi PR harus bisa membaca analisa isi media dengan cermat dan dapat mengetahui arah dan sikap media sehingga dapat mengambil sikap yang tepat. Key words : Berita, Sikap Media, Cover Both Side

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Public Relations
ID Code:26077
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Jan 2011 09:51
Last Modified:28 Jan 2011 09:51

Repository Staff Only: item control page