Gambaran Kelaikan Fisik dan Pengetahuan Pegawai Tentang Hygiene Sanitasi Penyelenggaraan Makanan di Instalasi Gizi R.S.U.P dr. Kariadi dan R.S.U.D Ketileng, Semarang

Corie Andiniwati , Corie Andiniwati (2008) Gambaran Kelaikan Fisik dan Pengetahuan Pegawai Tentang Hygiene Sanitasi Penyelenggaraan Makanan di Instalasi Gizi R.S.U.P dr. Kariadi dan R.S.U.D Ketileng, Semarang. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
27Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

119Kb

Abstract

Latar Belakang : Pelayanan gizi Rumah sakit merupakan bagian dari pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh unit kerja yang disebut instalasi gizi. Salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka mencapai derajat kesehatan yang optimal bagi pasien adalah penyediaan makanan dan minuman yang memenuhi syarat kesehatan. Timbulnya penyakit yang disebabkan oleh makanan , salah satunya dikarenakan oleh kelalaian atau kecerobohan para pengolah makanan pada waktu mengerjakan atau mengolah makanan . Menurut manajemen instalasi gizi RSUP Dr. Kariadi dan RSUD ketileng terdapat beberapa masalah yang belum memenuhi standar syarat hygiene sanitasi, meskpiun pihak rumah sakit telah menetapkan prinsip personal hygiene dan sanitasi makanan, akan tetapi pelaksanaannya tidak sesuai dengan yang diharapkan, karena kurangnya kesadaran akan pentingnya hygiene sanitasi dalam penyelenggaraan makanan. Pengetahuan dan sikap pengolah makanan dan seluruh pihak yang bertanggung jawab terhadap kesehatan diperlukan untuk menciptakan standar hygiene sanitasi dalam penyelenggaraan makanan di instalasi gizi. Tujuan : Mengetahui gambaran kelaikan fisik dan pengetahuan Pegawai Tentang Hygiene Sanitasi Penyelenggaraan Makanan di Instalasi Gizi R.S.U.P dr. Kariadi dan R.S.U.D Ketileng, Semarang. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif dengan pendekatan Cross Sectional. Penelitian ini dilakukan di dua rumah sakit di Semarang yaitu R.S.U.P dr. Kariadi dan R.S.U.D Ketileng, Semarang. Jumlah sample sebanyak 45 sampel yang diambil secara simple random sampling. Data pengetahuan pegawai tentang hygiene sanitasi diperoleh dengan kuesioner sedangkan gambaran kelaikan fisik penyelenggaraan makanan diperoleh dengan form uji kelaikan fisik untuk hygiene sanitasi makanan jasa boga (form JB. 2A Kepmenkes RI no. 715 Menkes/ SK/ V/ 2003). Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat dengan menggunakan uji mann whitney. Hasil :Hanya 14 responden (48%) yang mempunyai pengetahuan cukup dan 15 responden (51%) yang mempunyai pengetahuan kurang yang bekerja pada instalasi gizi RSUP Dr. Kariadi dan 8 responden (47%) yang mempunyai pengetahuan sedang dan 9 responden (52%) yang bekerja pada instalasi gizi RSUD Ketileng. Tidak ada perbedaan yang bermakna antara pengetahuan pegawai instalasi gizi RSUP Dr. Kariadi dengan pengetahuan pegawai instalasi gizi RSUD Ketileng (significancy = 0,83). Kesimpulan: Gambaran kelaikan fisik instalasi gizi RSUP Dr. Kariadi telah memenuhi syarat hygiene sanitasi jasa boga. Pengetahuan pegawai tentang gambaran fisik dan hygine sanitasi penyelenggaraan makanan di Instalasi Gizi RSUP Dr. Kariadi dan di Instalasi Gizi RSUD Ketileng, Semarang termasuk dalam kategori pengetahuan kurang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kelaikan fisik, Pengetahuan pegawai, Hygiene sanitasi
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26076
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:28 Jan 2011 09:37
Last Modified:28 Jan 2011 09:37

Repository Staff Only: item control page