Perbedaan Pengetahuan Gizi, Body Image dan Perilaku Makan Ramaja Putri (Studi Pada SMAN 3 Semarang dan SMAN 13 Semarang)

Puspito Arum, Puspito Arum (2008) Perbedaan Pengetahuan Gizi, Body Image dan Perilaku Makan Ramaja Putri (Studi Pada SMAN 3 Semarang dan SMAN 13 Semarang). Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
30Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

153Kb

Abstract

Latar Belakang : Perilaku makan remaja sering tidak didasarkan pertimbangan gizi tetapi sekedar untuk besosialisasi dan supaya tidak kehilangan status. Remaja sering merasa tidak puas dengan penampilan dirinya. Remaja putri biasanya membatasi konsumsi makanan untuk mendapatkan tubuh ideal (langsing). Tingkat pengetahuan gizi seseorang berpengaruh terhadap sikap dan perilaku makan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan pengetahuan gizi, body image dan perilaku makan remaja putri. Metode : Studi cross sectional pada 44 siswi SMAN 3 Semarang dan 44 siswi SMAN 13 Semarang. Sampel diambil secara purposive sampling. Data pengetahuan gizi, body image dan perilaku makan diperoleh dari kuesioner. Analisis data menggunakan metode independent sample t-test untuk menganalisis perbedaan pengetahuan gizi dan perilaku makan dan uji Mann Whitney untuk menganalisis perbedaan body image dengan bantuan program SPSS 10.0 for windows Hasil : Pengetahuan gizi remaja putri termasuk kategori cukup (48,8%), kurang (47,7%) dan baik (3,5%). Lima puluh lima persen remaja putri merasa puas dengan bentuk tubuh yang dimilikinya, sedangkan 44,3% merasa tidak puas. Sebagian besar (89,7%) remaja putri belum menjalankan perilaku makan yang baik, 10,3% sudah menjalankan perilaku makan yang baik. Tidak terdapat perbedaan pengetahuan gizi dan body image antara remaja putri di SMAN 3 Semarang dan di SMAN 13 Semarang (p = 0,43 dan p = 0,88), tetapi ada perbedaan perilaku makan remaja putri di SMAN 3 Semarang dan di SMAN 13 Semarang bermakna secara statistik (p = 0,01) Kesimpulan : Tidak terdapat perbedaan pengetahuan gizi dan body image antara remaja putri tetapi terdapat perbedaan perilaku makan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:remaja, pengetahuan gizi, body image, perilaku makan
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26072
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:28 Jan 2011 09:15
Last Modified:28 Jan 2011 09:15

Repository Staff Only: item control page