Hubungan Persentase Lemak Tubuh Dengan Usia Saat Menarche Pada Atlet Bola Voli Putri Yunior (Studi Pada Klub Bola Voli Ardin dan Tugu Muda Semarang)

Amalia Nurcholies , Amalia Nurcholies (2008) Hubungan Persentase Lemak Tubuh Dengan Usia Saat Menarche Pada Atlet Bola Voli Putri Yunior (Studi Pada Klub Bola Voli Ardin dan Tugu Muda Semarang). Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
77Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

174Kb

Abstract

Latar Belakang: Menarche merupakan indikator penting datangnya masa pubertas pada anak perempuan. Terjadinya pubertas sering dikaitkan dengan persediaan lemak tubuh. Bagi wanita lemak dibutuhkan untuk fungsi reproduksi. Atlet wanita cenderung mempunyai persentase lemak tubuh yang rendah karena beratnya aktifitas fisik saat latihan maupun pertandingan, yang dapat mengganggu fungsi reproduksinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persentase lemak tubuh dengan usia saat menarche atlet. Metoda: Penelitian survei analitik dengan desain cross-sectional pada 31 atlet dari dua klub bola voli di Semarang. Data usia menarche diperoleh melalui wawancara. Persentase lemak tubuh diukur dengan BIA (Bioelectric Impedance Analyser). Kuesioner digunakan untuk mengetahui karakteristik subyek, lama dan beban latihan. Analisis dilakukan secara univariat dan bivariat. Analisis bivariat menggunakan analisa rank Spearman. Hasil:. Rerata usia menarche atlet adalah 11,98±0,78 tahun. Sembilan belas koma empat persen atlet mempunyai persentase lemak tubuh rendah. Tidak ada hubungan antara persentase lemak tubuh dengan usia saat menarche. Kesimpulan: Tidak ada hubungan antara persentase lemak tubuh dengan usia saat menarche

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:persentase lemak tubuh, usia saat menarche, atlet
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26064
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Jan 2011 15:45
Last Modified:27 Jan 2011 15:45

Repository Staff Only: item control page