Asupan Energi, Protein dan Status Gizi pada Pasien Kanker Serviks dengan Terapi Kemoradiasi (Studi di RSUP.Dr. Kariadi Semarang)

Mirzana Ismi Maulvi, Mirzana Ismi Maulvi (2008) Asupan Energi, Protein dan Status Gizi pada Pasien Kanker Serviks dengan Terapi Kemoradiasi (Studi di RSUP.Dr. Kariadi Semarang). Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

196Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
52Kb

Abstract

Latar belakang : Pasien kanker serviks stadium lanjut dengan terapi kemoradiasi beresiko mengalami malnutrisi disebabkan oleh kakeksia kanker dan efek samping kemoradiasi. Efek samping kemoradiasi berupa mual, muntah, dan diare menyebabkan penurunan asupan energi, protein. Malnutrisi dan asupan energi protein yang tidak adekuat berhubungan erat dengan hasil kemoradiasi dan kualitas hidup pasien. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan status gizi dan asupan energi protein pasien kanker serviks dengan kemoradiasi. Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilaksanakan di unit rawat inap RSUP Dr. Kariadi Semarang pada bulan Maret-April 2008. Sampel dalam penelitian ini berjumlah lima belas orang yang diambil secara purposive. Data yang diperoleh meliputi karakteristik subjek, asupan energi, protein, dan status gizi. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar subjek (53%) stadium IIIB, 47% stadium IIB. Asupan energi dan protein pasien stadium IIIB buruk. Pasien dengan seri kemoterapi ketiga, frekuensi radiasi 12 kali juga memiliki asupan energi, protein yang buruk. Asupan makanan yang buruk, akibat dari efek samping kemoradiasi berupa mual,muntah dan diare. IMT <17 (kategori kekurangan berat badan tingkat berat) dimiliki pasien stadium IIIB. Pasien stadium IIIB dengan IMT rendah (<17), memiliki asupan energi, protein yang rendah pula. Simpulan : Asupan energi dan protein yang rendah dan tidak sesuai kebutuhan, dimiliki pasien stadium IIIB. Hal tersebut akibat dari efek samping kemoradioterapi. Status gizi buruk (IMT <17) terjadi pada pasien stadium IIIB karena kakeksia kanker. Pasien dengan IMT rendah, memiliki asupan energi dan protein yang rendah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:kemoradiasi, kanker, status gizi, asupan energi protein
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26062
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Jan 2011 15:40
Last Modified:27 Jan 2011 15:40

Repository Staff Only: item control page