HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS PROGRAM DAN KESESUAIAN POSITIONING DENGAN KEPUASAN PENDENGAR RADIO FEMALE SEMARANG

SALIS AWALIYYAH, SALIS AWALIYYAH (2010) HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS PROGRAM DAN KESESUAIAN POSITIONING DENGAN KEPUASAN PENDENGAR RADIO FEMALE SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
72Kb

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari oleh hasil survey AC Nielsen pada triwulan pertama tahun 2010 yang menyatakan bahwa total pendengar Radio FeMale berjumlah kurang dari 1000 orang. Padahal pada akhir tahun 2009, jumlah pendnegar FeMale mencapai angka 11.000 orang. Jumlah ini menunjukkan adanya penurunan yang drastis, sehingga muncul pertanyaan apakah hal tersebut disebabkan oleh acara yang diberikan oleh Radio FeMale Semarang yang kurang menarik dan tidak sesuai dengan positioning Radio FeMale Semarang sehingga menyebabkan ketidakpuasan pendengar Radio FeMale Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kreativitas program dan kesesuaian positioning dengan kepuasan pendengar Radio FeMale Semarang. Teori yang digunakan untuk penelitian ini, antara lain konsep komunikasi pemasaran dan konsep kepuasan pelanggan Populasi dalam penelitian ini adalah pendengar Radio FeMale Semarang yang berdomisili di Kecamatan Pedurungan Semarang yang berjumlah 77.618 orang. Sample dalam penelitian ini sebanyak 100 responden diambil menggunakan purposive sampling. Untuk pengujian hipotesis digunakan perhitungan statistik Koefisien Korelasi Rank Kendall dan Koefisien Korkondansi Kendall sebagai alat untuk menguji atau menghitung tingkat koefisien korelasi variabel. Berdasarkan perhitungan statistik, variabel kreativitas program (X1) memiliki koefisien korelasi sebesar 0,479 dengan nilai signifikansi 0,000. dari koefisien korelasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang lemah antara kreativitas program dengan kepuasan pendengar Radio FeMale Semarang, dan dilihat dari signifikansinya, hipotesis ini bisa diterima. Hubungan ini diperkuat dengan analisis konsep produk dari Kotler. Pada hubungan variabel kesesuaian positioning (X2) dengan kepuasan pendengar Radio FeMale Semarang (Y) diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,395 dengan nilai signifikansi 0,000 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kesesuaian positioning dengan kepuasan pendengar Radio FeMale Semarang walaupun sifatnya lemah, dan hubungan ini dapat diterima. Hubungan ini dijelaskan melalui konsep positioning oleh Hasan. Untuk mengukur hubungan antara variabel kreativitas program dan kesesuaian positioning dengan kepuasan pendengar Radio FeMale Semarang, peneliti menggunakan Koefisien Konkordansi Kendall. Dari hasil perhitungan statistik diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan koefisien korelasi 0,942. dari hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis utama dalam penelitian ini dapat diterima. Dengan demikian bisa ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan positif antara kreativitas program dan kesesuaian positioning dengan kepuasan pendengar Radio FeMale Semarang. Hubungan ini dijelaskan dengan konsep kepuasan pelanggan dari Mowen Minor yang menyatakan bahwa faktor utama kepuasan pelamggan adalah kulitas produk. Dalam hal ini, semakin kreatif program yang dibuat dan semakin tepat dengan positioning, akan mempengaruhi kepuasan pendengar Radio FeMale Semarang. Keywords: kreativitas program, kesesuaian positioning, kepuasan pendengar.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:26056
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:27 Jan 2011 14:23
Last Modified:27 Jan 2011 14:23

Repository Staff Only: item control page