Perbedaan Kadar Trigliserida Sebelum dan Sesudah Pemberian Yoghurt pada Wanita Menopause dengan Hiperlipidemia di Panti Sosial Tresna Wredha Pucang Gading Semarang

Hening Puspitasari , Hening Puspitasari (2008) Perbedaan Kadar Trigliserida Sebelum dan Sesudah Pemberian Yoghurt pada Wanita Menopause dengan Hiperlipidemia di Panti Sosial Tresna Wredha Pucang Gading Semarang. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
84Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

193Kb

Abstract

Latar belakang : Hiperlipidemia adalah peningkatan kadar lemak darah yang ditandai dengan peningkatan kadar kolesterol total, kolesterol LDL dan trigliserida serta kadar kolesterol HDL dibawah normal. Kadar lemak darah yang tinggi dapat diturunkan dengan intervensi diit. Yoghurt mengandung bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus yang dikonsumsi minimal 200 ml/hari selama 12 hari diduga dapat menurunkan kadar trigliserida. Tujuan : Untuk mengetahui perbedaan kadar trigliserida sebelum dan sesudah pemberian yoghurt pada wanita menopause dengan hiperlipidemia. Metode : Penelitian pra eksperimen dengan rancangan one group pre test – post test design. Subyek diambil dengan cara purposive, besar subyek penelitian ini adalah 17 orang. Kadar trigliserida diukur pada waktu sebelum dan sesudah intervensi. Selama intervensi asupan energi, protein, lemak, karbohidrat dan kolesterol dianalisis dengan menggunakan program Nutisoft. Uji Wilcoxon digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan. Hasil : Proporsi hipertrigliserida sesudah pemberian yoghurt selama 12 hari sebesar 23,5% dibandingkan dengan sebelum pemberian yoghurt yaitu 58,8%. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terjadi perbedaan kadar trigliserida sebelum dan sesudah pemberian yoghurt yang bermakna dengan p=0,031. Kesimpulan : Ada perbedaan proporsi kadar trigliserida sebelum dan sesudah pemberian yoghurt pada wanita menopause dengan hiperlipidemia.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Trigliserida, yoghurt, hiperlipidemia, menopause
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26052
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Jan 2011 14:03
Last Modified:27 Jan 2011 14:03

Repository Staff Only: item control page