Faktor Determinan terhadap Kadar Kolesterol HDL pada Pria

Galih Dwi Pitaloka, Galih Dwi Pitaloka (2008) Faktor Determinan terhadap Kadar Kolesterol HDL pada Pria. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
75Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

268Kb

Abstract

Latar Belakang: Rendahnya kadar kolesterol HDL merupakan faktor risiko yang kuat terhadap penyakit kardiovaskuler. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kadar kolesterol HDL. Beberapa penelitian tentang hubungan asupan kalsium dengan kadar kolesterol HDL masih kontradiktif Tujuan: Untuk mengetahui faktor determinan terhadap kadar kolesterol HDL terutama asupan kalsium pada pria Metode: Desain penelitain ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 47 orang pria. Asupan makanan diperoleh dengan instrumen FFQ semi kuantitatif, data aktifitas fisik diperoleh dengan kuesioner aktivitas harian (2x24 jam) dan data kebiasaan merokok diperoleh dengan kuesioner penelitian. Aktivitas fisik dihitung berdasarkan physical activity level (PAL). Hasil: Subyek yang memiliki kadar kolesterol HDL < 40 mg/dl sebesar 40,4%. Prevalensi berat badan lebih dan obesitas pada penelitian ini adalah 25,5 % dan 29,8 %. Subyek yang memiliki lingkar pinggang > 90 cm sebesar 19,1%. Sedangkan subyek yang memiliki asupan kalsium < 800mg/hari adalah 89,4%. Asupan kalsium berhubungan dengan kadar kolesterol HDL (r = 0,44; p = 0,002). Asupan vitamin C, jumlah rokok dan lama merokok juga berhubungan dengan kadar kolesterol HDL. Sedangkan usia, asupan karbohidrat, asupan lemak, IMT, lingkar pinggang, dan aktivitas tidak berhubungan dengan kadar kolesterol HDL. Simpulan : Faktor determinan terhadap kadar kolesterol HDL pada pria adalah asupan kalsium, asupan vitamin C dan kebiasaan merokok.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:asupan kalsium, asupan karbohidrat, asupan lemak, asupan vitamin C, IMT, lingkar pinggang, aktivitas fisik, kebiasaan merokok, kadar kolesterol HDL
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26049
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Jan 2011 13:51
Last Modified:27 Jan 2011 13:51

Repository Staff Only: item control page