Hubungan Komposisi Tubuh dengan Bone Mineral Density (BMD) Pada Pasien Rawat Jalan RS Dr. Sardjito Yogyakarta

Nur Fauziyah Faraswati, Nur Fauziyah Faraswati (2008) Hubungan Komposisi Tubuh dengan Bone Mineral Density (BMD) Pada Pasien Rawat Jalan RS Dr. Sardjito Yogyakarta. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
106Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

296Kb

Abstract

Latar Belakang : Osteoporosis merupakan suatu penyakit kelainan sistemik tulang yang ditandai oleh pengurangan massa tulang sehingga tulang menjadi rapuh dan rentan patah walaupun terkena trauma minimal. Satu Faktor yang berpengaruh terhadap terjadinya osteoporosis adalah komposisi tubuh. Tingginya IMT dan massa lemak berpengaruh terhadap terjadinya osteoporosis. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komposisi tubuh dengan Bone Mineral Density (BMD) Metode : Desain penelitian ini adalah Cross sectional dengan sampel 24 wanita premenopause dan 17 wanita postmenopause yang berusia berusia 33 - 72 tahun yang datang ke Instalasi Radiologi RS. Dr. Sardjito Yogyakarta selama bulan April hingga Mei 2008. Nilai BMD yang merupakan besar ukuran kepadatan tulang dinyatakan dalam nilai T-score, nilai persen massa lemak (%), dan persen massa tubuh tanpa lemak (%) diperoleh dari hasil pengukuran dengan menggunakan Dual-Energy X-Ray Absorptiometry (DXA). Analisis data yang digunakan adalah korelasi Pearson Product Moment. Hasil : Pada penelitian ini ditunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan nilai BMD pada wanita postmenopause dan premenopause (p = 0.0.16). Hasil uji korelasi antara indeks massa tubuh dengan BMD (r = 0,496 p = 0,002), persen massa lemak dengan BMD (r = 0,468 p = 0,001), persen massa tubuh tanpa lemak dan BMD (r = - 0,507 p = 0,001). Kesimpulan : Indeks massa tubuh dan persen massa lemak yang tinggi akan meningkatkan nilai BMD, sedangkan semakin tinggi persen massa tubuh tanpa lemak akan menurunkan pula nilai BMD.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Indeks massa tubuh, persen massa lemak, persen massa tubuh tanpa lemak Bone Mineral Density (BMD), osteoporosis
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
ID Code:26030
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:27 Jan 2011 08:58
Last Modified:27 Jan 2011 08:58

Repository Staff Only: item control page