Kebiasaan Jajan Di Sekolah Dan Kontribusinya Terhadap Total Asupan Serta Tingkat Kecukupan Zat Gizi (Energi, Protein, Vitamin A dan Zat Besi) Pada Anak Sekolah Dasar

Suyanto, Welly Hardika (2008) Kebiasaan Jajan Di Sekolah Dan Kontribusinya Terhadap Total Asupan Serta Tingkat Kecukupan Zat Gizi (Energi, Protein, Vitamin A dan Zat Besi) Pada Anak Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
95Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

208Kb

Abstract

Latar Belakang : Kebiasaan jajan tidak selalu membawa dampak buruk terhadap gizi dan kesehatan seseorang. Apabila makanan jajanan yang dikonsumsi terjamin kebersihan dan gizinya, maka makanan jajanan tersebut akan dapat melengkapi atau menambah kecukupan gizi orang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebiasaan jajan di sekolah dan kontribusinya terhadap total asupan serta tingkat kecukupan zat gizi (energi, protein, vitamin A dan zat besi) pada anak sekolah dasar. Metoda : Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan menggunakan desain cross sectional. Sampel diambil secara consecutive sampling terhadap siswa kelas V dan didapatkan sebanyak 69 siswa. Frekuensi makan pagi, besar uang saku, frekuensi jajan di sekolah diperoleh dari kuesioner. Data asupan makanan jajanan dan asupan makanan dari keluarga diperoleh dari food record selama 2 hari tanpa berturut-turut. Analisis dilakukan dengan menggunakan program nutrisoft dan SPSS 12.0 for windows. Analisis deskriptif untuk kontribusi makanan jajanan merupakan persentase asupan zat gizi makanan jajanan dibandingkan dengan total asupan serta tingkat kecukupan zat gizi (energi, protein, vitamin A dan zat besi). Hasil : Sebagian besar responden biasa jajan di sekolah (97,1 %). Makanan jajanan memberikan kontribusi terhadap total asupan energi, protein, vitamin A dan zat besi responden masing-masing sebesar 16,8 %, 7,9 %, 3,2 % dan 9,3 %. Sedangkan kontribusi makanan jajanan terhadap tingkat kecukupan energi, protein, vitamin A dan zat besi responden masing-masing sebesar 12,7 %, 7,4%, 5,5 % dan 5,2 %. Kesimpulan : Makanan jajanan memberikan kontribusi terhadap total asupan dan tingkat kecukupan zat gizi (energi, protein, vitamin A dan zat besi).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:kebiasaan jajan, makanan jajanan, tingkat kecukupan zat gizi
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26012
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Jan 2011 09:58
Last Modified:26 Jan 2011 09:58

Repository Staff Only: item control page