Hubungan Kontribusi Zat Gizi Makanan Sekolah Dengan Kadar Hemoglobin Murid Sd Islam Integral Luqman Al-Hakim Purwodadi

Sugiyanto, Sugiyanto (2008) Hubungan Kontribusi Zat Gizi Makanan Sekolah Dengan Kadar Hemoglobin Murid Sd Islam Integral Luqman Al-Hakim Purwodadi. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
60Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

1980Kb

Abstract

Latar belakang: Anak sekolah merupakan kelompok rawan terhadap anemia gizi besi. Tidak cukupnya besi yang masuk dan rendahnya bioavailabilitas makanan yang mengandung besi merupakan penyebab kondisi ini. Pola menu yang bersumber utama dari tepung-tepungan, sayur dan buah yang mengandung penghambat penyerapan besi seperti tannin, phythate, oksalat, phosphate dan serat bila tidak diimbangi dengan mengkonsumsi zat pemacu penyerapan besi seperti besi heme, vitamin C dan protein, anemia gizi besi menjadi ancaman bagi anak sekolah. Tujuan: Menjelaskan hubungan kontribusi asupan protein, asupan besi heme, asupan besi non heme, kontribusi asupan total besi, kontribusi asupan asam folat, kontribusi asupan vitamin C, asupan phythate, asupan tannin dan asupan oksalat dari makanan sekolah, dengan kadar hemoglobin murid SD. Metode: Desain penelitian cross sectional dengan jumlah sampel 60 murid dari 72 murid kelas 2 dan 3 yang memenuhi kriteria inklusi. Data asupan protein, total besi, asam folat, vitamin C phythate, tannin dan oksalat diperoleh dengan food weighing selama lima hari pengukuran. Data hemoglobin diukur dengan cyanmethemoglobin. Data diuji dengan regresi linier dengan α 5%. Hasil: Sebanyak 66,67% sampel termasuk dalam kategori anemia. Kontribusi pemacu penyerapan zat besi yang terdiri dari protein, besi heme, besi non heme, total besi, asam folat dan vitamin C dengan nilai rerata 32,96 ± 6,00; 6,88 ± 1,35; 44,25 ± 2,97; 36,78 ± 2,33; 22,93 ± 3,85; 34,48 ± 7,39. Sedangkan asupan penghambat penyerapan besi yang terdiri dari phythate, tannin dan oksalat dengan rerata 351,97 ± 46,45; 5,43 ± 0,61 dan 38,20 ± 6,73. Kontribusi asupan protein, kontribusi asupan asam folat, kontribusi asupan vitamin C, asupan tannin dan asupan phythate berhubungan dengan p value < 0,05. Kontribusi asupan protein, kontribusi asupan asam folat, kontribusi asupan vitamin C, asupan tannin dan asupan phythate berhubungan secara signifikan dengan kadar hemoglobin murid SD Kesimpulan: Kontribusi asupan protein, kontribusi asupan asam folat, kontribusi asupan vitamin C, asupan tannin dan asupan phythate berhubungan secara signifikan dengan kadar hemoglobin murid SD Variasi dari kadar hemoglobin murid dapat dijelaskan oleh kontribusi asupan protein, kontribusi asupan asam folat, kontibusi asupan vitamin C, asupan tannin dan asupan phythate sebesar 81,4%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Murid SD, hemoglobin, protein, besi heme, besi non-heme, phytate, tannin, oksalat, vitamin C, asam folat
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26011
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Jan 2011 09:44
Last Modified:26 Jan 2011 09:44

Repository Staff Only: item control page