ActiveX Data Object (ADO) dengan OLE DB sebagai pengganti Data Access Object (DAO) dengan ODBC dan JET dalam Microsoft Visual Basic 6

Riupassa, Miczard L and Satoto, Kodrat Iman and Prasetijo, Agung Budi (2011) ActiveX Data Object (ADO) dengan OLE DB sebagai pengganti Data Access Object (DAO) dengan ODBC dan JET dalam Microsoft Visual Basic 6. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
57Kb

Abstract

Pemograman mengenai basisdata dengan bahasa program Microsoft Visual Basic 6 selalu menggunakan akses data dan ada 2 akses data yang biasa digunakan, yaitu DAO (Data Access Object) dan ADO (ActiveX Data Object). ADO bersama dengan OLE DB adalah komponen kunci dalam Universal Data Access (UDA) Microsoft. Kelebihan utama ADO dengan DAO adalah memberikan kemudahan bagi semua jenis kebutuhan akses data dan mampu mereduksi penggunaan memori koneksi sehingga cocok dalam jaringan yang memiliki lalu lintas data yang besar dan transaksi yang tinggi. Tugas akhir ini menggunakan obyek Connection dan obyek Recordset dari ADO versi 2.7 dan obyek Database dan obyek Recordset dari DAO versi 3.6 dengan bahasa program Microsoft Visual Basic 6. Sistem operasinya yang digunakan adalah Microsoft Windows 2000 Advance Server dan basisdata adalah Microsoft SQL Server 7 dan Microsoft Access. Pembahasan mengenai ADO dimulai dari hierarki model objek, perbedaannya dengan DAO, yaitu koneksi dan sekuritas, hierarki obyek, koneksi asinkron, data binding, Flex Grid dan pengaruh koneksi terhadap basisdata server (SQL Server 7). Dengan pembahasan ini, penyusun mengharapkan kepada pengembang program aplikasi perangkat lunak basisdata Microsoft Visual Basic 6 mendapatkan referensi yang tepat untuk menggunakan atau beralih ke akses data ADO.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25935
Deposited By:Mr. Sudjadi Pranoto
Deposited On:21 Jan 2011 10:56
Last Modified:21 Jan 2011 10:56

Repository Staff Only: item control page