RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB Studi Kasus di Teknik Elektro Universitas Diponegoro, STIMIK AKI, dan IAIN Walisongo

Muliawan, Bondan and Satoto, Kodrat Iman and Sumardi, Sumardi (2011) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB Studi Kasus di Teknik Elektro Universitas Diponegoro, STIMIK AKI, dan IAIN Walisongo. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1970Kb

Abstract

Sistem Informasi Akademik adalah aplikasi yang dirancang dan dibuat untuk mengolah data-data yang berhubungan dengan informasi akademik, meliputi data mahasiswa, karyawan, rekaman prestasi, kurikulum, dan jadwal perkuliahan. Setiap anggota civitas akademika mempunyai tingkat akses yang berbeda-beda terhadap SIA. Tingkat akses yang dimaksud disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat kepentingan dari masing-masing pengguna sistem. Dalam perkembangannya, kebutuhan akademik menjadi lebih kompleks karena kebijakan akademik di tiap institusi pendidikan sering mengalami perubahan. Pada pendidikan tingkat tinggi (strata-1) perubahan ini tidak berlangsung secara keseluruhan sistem, tapi perubahannya hanya berkisar pada beban studi, bobot, matakuliah, penilaian, dan kurikulum. Hal tersebut dapat diatasi dengan cara menyimpan data-data yang diinginkan dalam basisdata. Sehingga jika apabila terjadi perubahan kebijakan di kemudian hari, yang perlu dilakukan hanya memodifikasi basisdata. Pada tugas akhir “Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Berbasis Web (Studi Kasus di Teknik Elektro Universitas Diponegoro, Stimik Aki, dan Iain Walisongo)” akan merancang dan membuat SIA menggunakan PHP dan server basisdata MySQL. Sebagai bahan pengayaan dalam perancanaan maka digunakan studi kasus pada tiga perguruan tinggi dengan kebutuhan SIA yang berbeda. Perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Diponegoro (UNDIP), Sekolah Tinggi Manajemen Imformatika dan Komputer Akademi Abadi Karya Indonesia (STMIK-AKI) dan Institut Agama Islam Negeri Walisongo (IAIN Walisongo). Pengujian tugas akhir ini menggunakan data dari ketiga perguruan tinggi sebagai representasi dari berbagai permasalahan yang sering timbul dalam SIA. Hasil pengujian dari sistem yang dibuat telah dapat mengakomodasi kebutuhan akademik sebagian besar perguruan tinggi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25934
Deposited By:Mr. Sudjadi Pranoto
Deposited On:21 Jan 2011 10:51
Last Modified:21 Jan 2011 10:51

Repository Staff Only: item control page