PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK PEMAMPATAN DATA BERDASARKAN PERHITUNGAN DISTRIBUSI PROBABILITAS KEMUNCULAN KARAKTER ORDE DUA DALAM TEKS BAHASA INDONESIA

Sabarlele, Joi Anry and Fatchur Rochim , Adian and Cristyono, Yuli (2011) PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK PEMAMPATAN DATA BERDASARKAN PERHITUNGAN DISTRIBUSI PROBABILITAS KEMUNCULAN KARAKTER ORDE DUA DALAM TEKS BAHASA INDONESIA. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
101Kb

Abstract

Dalam dunia modern seperti saat ini, kebutuhan akan kapasitas media penyimpanan data elektronik dan media komunikasi data elektronik cukup penting. Kapasitas media penyimpanan dan komunikasi data elektronik yang kita gunakan saat ini bukanlah tidak terbatas dan cukup mahal Untuk itu perlu adanya suatu upaya untuk dapat memanfaatkan sumber daya media penyimpanan data dan media komunikasi data elektronik secara optimal dan efisien. Salah satu upaya yang dapat di lakukan saat ini adalah dengan melakukan pemampatan data. Data yang akan disimpan atau yang akan dikirim dimampatkan terlebih dahulu, sehingga tidak banyak menghabiskan media penyimpanan dan menghemat waktu untuk melakukan pengirimani data. Metode yang digunakan dalam melakukan pemampatan data cukup banyak. Pada tugas akhir ini, akan membahas tentang teori probabilitas, melakukan perancangan perangkat lunak untuk menghitung probabilitas kemunculan karakter orde dua dalam teks bahasa indonesia, melakukan pengkodean berdasarkan teori pengkodean Huffman, dan perancangan software kompresi data teks serta proses dekompres (mengubah data kembali ke format asli). Hasil dari Perancangan Perangkat Lunak ini dapat melakukan pemampatan data dengan faktor kompresi yang lebih baik apabila karakteristik probabilitas data teks yang dimampatkan mendekati karakteristik probabilitas yang digunakan pada tabel sandi. Perangkat Lunak ini menggunakan teknik lossy, karena terdapat perubahan data hasil dekompres dengan data asli. Kata kunci : sandi, pemampatan, penyandian, pengawasandian, pohon huffman, lossy, lossles.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25902
Deposited By:Mr. Sudjadi Pranoto
Deposited On:20 Jan 2011 10:32
Last Modified:20 Jan 2011 10:32

Repository Staff Only: item control page