Penggunaan Pengenal Pengucap Tidak Berdasarkan Teks (Speaker Recognition Text-Independent) Sebagai Otorisasi Pengaksesan Pintu

Ananda A., Ardha and Wahyudi, Wahyudi and Hidayatno, Achmad (2011) Penggunaan Pengenal Pengucap Tidak Berdasarkan Teks (Speaker Recognition Text-Independent) Sebagai Otorisasi Pengaksesan Pintu. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
245Kb

Abstract

Tindak kriminal merupakan salah satu hal penting yang tidak dapat diabaikan. Tingkat keamanan dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Salah satu perkembangan teknologi itu adalah pengenal pengucap sebagai otorisasi pengaksesan pintu. Teknik pengenalan ini memungkinkan sinyal suara digunakan untuk mengetahui identitas seseorang. Tujuan dari Tugas Akhir ini untuk membuat sistem sederhana dengan menggunakan pengenal pengucap tidak berdasarkan teks sebagai otorisasi pengaksesan pintu. Dalam Tugas Akhir ini, proses pengenalan pengucap tidak berdasarkan teks menggunakan metode LPC (Linear Predictive Coding) untuk pengekstraksi ciri, pencocokan template menggunakan metode VQ (Vector Quantization) dan menggunakan persamaan jarak Euclidean untuk menghitung jarak penyimpangan minimum antara pengucap yang tidak diketahui dengan pengucap yang telah ada di dalam basisdata Jika hasil pengenalan cocok dengan salah satu pengucap yang ada di dalam basisdata maka sistem akan memberikan logika 1 yang membuka kunci pintu. Proses antarmuka sistem yang dibuat menggunakan komunikasi paralel. Hasil pengujian sistem menunjukkan persentase pengenalan untuk 3 responden sebagai basisdata sebesar 91,67 %, untuk 4 responden sebesar 89,38 %, dan persentase untuk 6 responden sebesar 69,17 %. Penggunaan pengenal pengucap tidak berdasarkan teks sebagai otorisasi pengaksesan pintu dapat diaplikasikan dengan baik jika hanya sedikit orang yang dapat mengakses pintu tersebut. Kata kunci : pengenal pengucap, LPC (Linear Predictive Coding), VQ (Vector Quantization), otorisasi pintu.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25900
Deposited By:Mr. Sudjadi Pranoto
Deposited On:20 Jan 2011 10:27
Last Modified:20 Jan 2011 10:27

Repository Staff Only: item control page