FEEDFORWARD FEEDBACK CONTROL SEBAGAI PENGONTROL SUHU MENGGUNAKAN PROPORSIONAL - INTEGRAL BERBASIS MIKROKONTROLLER ATMEGA 8535

Prihantoro, Junanto and Andromeda, Trias and Setiawan, Iwan (2011) FEEDFORWARD FEEDBACK CONTROL SEBAGAI PENGONTROL SUHU MENGGUNAKAN PROPORSIONAL - INTEGRAL BERBASIS MIKROKONTROLLER ATMEGA 8535. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
421Kb

Abstract

Feedforward feedback control merupakan suatu pengontrol yang dapat digunakan secara efektif untuk mempercepat tanggapan sistem pengendalian sehingga sesuai dengan setpoint yang dikehendaki. Hal ini dikarenakan feedforward dapat secara langsung mengoreksi perubahan load yang terjadi walaupun akan tetap timbul error sehingga dibutuhkan feedback untuk mengatasi hal tersebut. Feedforward dapat mengurangi deviasi dari setpoint tapi hal ini berjalan lambat. Feedback digunakan untuk mengembalikan keadaan menuju setpoint secara cepat tetapi mempunyai deviasi yang lebih lebar. Metode pengontrolan feedforward feedback ini banyak digunakan kebanyakan industri untuk mempercepat respon keluaran mencapai stabil. Feedforward feedback control digunakan ketika single-loop tidak lagi dapat digunakan dan terdapat variabel tambahan. Selain itu variabel pada secondary control harus mengidentifikasikan gangguan yang ekstrim, mempunyai hubungan sebab akibat dari valve ke secondary control, mempunyai respon keluaran yang lebih cepat daripada primary control. Metode pengontrol yang digunakan untuk feedforward feedback control biasanya berupa PI (Proporsional Integrall). PI merupakan penjumlahan dari dua buah pengontrol antara lain proporsional dan integral yang masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda. Kontroler ini memiliki parameter-parameter pengontrol, yaitu konstanta proporsional (Kp dan konstanta waktu integral (Ti). Mikrokontroller ATmega8535 adalah sebuah mikrokontroller yang dapat digunakan sebagai pengontrol plant dan pengontrolan PI dalam bentuk perangkat lunak. Dengan menggunakan sebuah mikrokontroller, pengontrol dapat diterapkan pada plant secara fleksibel dibandingkan dengan menggunakan sebuah komputer. Sedangkan plant yang akan diuji adalah sebuah reaktor yang digunakan untuk memanaskan udara dengan uap kering. Kata kunci : feedforward feedback control, PI, mikrokontroller ATmega8535.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25894
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Jan 2011 09:57
Last Modified:20 Jan 2011 09:57

Repository Staff Only: item control page