Pengaruh Perbedaan Tipe Fungsi Keanggotaan Pada Pengendali Logika Fuzzy Terhadap Tanggapan Waktu Sistem Orde Dua Secara Umum

Suratno, Suratno and Sudjadi , Sudjadi and Triwiyatno , Aris (2011) Pengaruh Perbedaan Tipe Fungsi Keanggotaan Pada Pengendali Logika Fuzzy Terhadap Tanggapan Waktu Sistem Orde Dua Secara Umum. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
267Kb

Abstract

Dalam merancang pengendali berdasarkan logika fuzzy, faktor mendasar yang harus dipenuhi adalah penskalaan dari input-output, aturan dasar kendali fuzzy dan tipe fungsi keanggotaan yang digunakan. Ada beberapa tipe fungsi keanggotaan pada pengendali logika fuzzy antara lain Trianguler MF, Trapezoidal MF, Generalized Bell MF, Gaussian MF, Pi MF, Signoidal MF (terdiri dari psigmf dan dsigmf), S MF dan Z MF. Pada penelitian ini berbagai tipe fungsi keangggotaan digunakan untuk mengetahui pengaruh perbedaannya terhadap tanggapan waktu sistem orde dua secara umum. Plant yang digunakan mewakili plant under damping, plant critical damping dan plant over damping.. Unjuk kerja sistem yang dicari berupa tanggapan waktu keadaan peralihan (respon transient) dan indeks performansi kesalahan. Dengan hasil tersebut dapat digunakan untuk merancang pengendali logika fuzzy yang baik/optimal pada sistem orde dua secara umum.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25878
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Jan 2011 18:38
Last Modified:19 Jan 2011 18:38

Repository Staff Only: item control page