Pengaturan dan Sinkronisasi Kecepatan Dua Buah Motor Induksi Satu Fasa dengan Inverter yang Berbasiskan Mikrokontroller AT89C51

Nugroho, Andy and Warsito, Agung and Facta, Mochammad (2011) Pengaturan dan Sinkronisasi Kecepatan Dua Buah Motor Induksi Satu Fasa dengan Inverter yang Berbasiskan Mikrokontroller AT89C51. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
259Kb

Abstract

Peralatan-peralatan industri yang menggunakan motor induksi satu fasa sebagai penggeraknya suatu saat akan mengalami keadaan dimana dibutuhkan beberapa buah motor induksi yang mampu berjalan secara serempak dan tepat berada pada kecepatan yang dibutuhkan oleh peralatan industri tersebut. , seperti pada industri teksti dan plastik. Sebuah Inverter dengan AT89C51 yang digunakan untuk mengatur besarnya waktu pemicuan pada MOSFET untuk suplai daya motor induksi satu fasa dengan sistem kalang tertutup ini dibuat untuk mengatasi masalah tersebut. Alat ini dibuat untuk mengatur frekuensi pada keluaran InverterJembatan Penuh.. Sebagai obyek percobaan digunakan motor induksi satu fasa bermerek Toshiba berkapasitas 15 Watt yang terdapat di Laboratorium Konversi Energi dan Sistem Tenaga Listrik Teknik Elektro Universitas Diponegoro. Setelah melewati pengujian, alat dapat bekerja pada rpm 1000 – 1800 rpm sesuai dengan settingan yang diinginkan dan mampu melakukan operasi kalang tertutup untuk menjaga kecepatan motor agar konstan pada rpm referensi dengan range 0 –5 rpm..

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25875
Deposited By:Mr. Sudjadi Pranoto
Deposited On:19 Jan 2011 18:10
Last Modified:19 Jan 2011 18:10

Repository Staff Only: item control page