MODUL KENDALI BERDASARKAN LOGIKA FUZZY MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER M68HC11A1 DILENGKAPI ANTAR MUKA DENGAN PERANGKAT PENGATURAN BASIS PENGETAHUAN DAN PENAMPIL TANGGAPAN SINYAL

Setyawan, Edwin Yulia and Triwiyatno , Aris and Sudjadi , Sudjadi (2011) MODUL KENDALI BERDASARKAN LOGIKA FUZZY MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER M68HC11A1 DILENGKAPI ANTAR MUKA DENGAN PERANGKAT PENGATURAN BASIS PENGETAHUAN DAN PENAMPIL TANGGAPAN SINYAL. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
516Kb

Abstract

Dunia teknologi semakin maju yang salah satunya ditandai dengan sistem terkendali yang semakin kompleks. Teori himpunan fuzzy yang dicetuskan oleh Lotfi .A. Zadeh telah membuka wawasan tentang teori sistem kendali modern. Dengan semakin berkembangnya penerapan logika fuzzy dalam sistem kendali maka menjadi suatu kebutuhan bagi dunia pendidikan, terutama bidang teknik kendali untuk membahas logika fuzzy ini dalam studi ilmiah yang aplikatif. Melalui penelitian ini, dibuat suatu modul kendali berdasarkan logika fuzzy yang dilengkapi antar muka dengan perangkat pengaturan basis pengetahuan dan penampil tanggapan sinyal (Dendy Faizal, 2003)[5] serta dapat mengendalikan suatu plant melalui jalur komunikasi serial. Modul ini akan digunakan dalam praktikum kendali logika fuzzy di lingkungan Jurusan Teknik Elektro Universitas Diponegoro. Modul kendali ini dibuat dengan menggunakan mikrokontroler M68HC11A1 yang diprogram agar dapat melakukan fungsi kendali terhadap suatu plant berdasarkan logika fuzzy dengan basis pengetahuan yang didapat dari perangkat pengaturan basis pengetahuan dan penampil tanggapan sinyal (Dendy Faizal, 2003)[5] serta memberikan tanggapan terhadap interupsi yang diberikan oleh perangkat tersebut. Proses antar muka dengan perangkat tersebut dan sistem plant dilakukan melalui jalur komunikasi serial. Dalam penelitian tugas akhir ini, diharapkan modul kendali logika fuzzy dapat digunakan untuk mengendalikan plant orde 1,orde 2, orde3 berdasarkan logika fuzzy dengan variasi basis pengetahuan yang diterima melalui port antar muka dengan perangkat pengaturan basis pengetahuan fuzzy (Dendy Faizal, 2003)[5]. Tanggapan sinyal plant juga diharapkan dapat ditampilkan pada perangkat penampil tanggapan sinyal (Dendy Faizal, 2003)[5].

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25861
Deposited By:Mr. Sudjadi Pranoto
Deposited On:19 Jan 2011 16:44
Last Modified:19 Jan 2011 16:44

Repository Staff Only: item control page