SIMULASI IMPLEMENTASI SELF TUNING REGULATOR PADA MODEL SISTEM PEMBANGKIT LISTRIK MIKROHIDRO UNTUK PENGENDALIAN FREKUENSI KELUARAN GENERATOR DENGAN MENGGUNAKAN MATLAB 6.1

Nugroho, Antonius Wahyu and Karnoto , Karnoto and Andromeda, Trias (2011) SIMULASI IMPLEMENTASI SELF TUNING REGULATOR PADA MODEL SISTEM PEMBANGKIT LISTRIK MIKROHIDRO UNTUK PENGENDALIAN FREKUENSI KELUARAN GENERATOR DENGAN MENGGUNAKAN MATLAB 6.1. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
239Kb

Abstract

Pemanfaatan energi air yang mengalir untuk mendapatkan daya mekanik telah dilakukan sejak lama. Salah satu pemanfaatan air yang mengalir adalah untuk menggerakkan turbin yang selanjutnya akan memutar generator sehingga dapat menghasilkan energi listrik (hidroelektrik). Mikrohidro adalah salah satu sistem hidroelektrik dengan daya rendah yang memiliki instalasi fisik hampir sama dengan sistem hidroelektrik dengan daya besar, salah satu perbedaannya terletak pada penggunaan governor (penstabil frekuensi generator). Pada sistem mikrohidro governor yang digunakan bekerja secara elektronis sebagai pengganti governor yang bekerja secara mekanik pada sistem hidroelektrik berdaya besar. Banyak cara yang dapat ditempuh untuk membuat sebuah governor yang bekerja secara elektronik. Dalam penelitian ini sebuah Self Tuning Regulator (STR) dirancang untuk bekerja sebagai governor pada pembangkit listrik Mikrohidro. STR merupakan salah satu kontroler adaptif yang pernah dikembangkan, untuk menghasilkan sifat adaptif STR memerlukan sebuah estimator dan sebuah kontroler yang dapat diubah parameternya serta desain kontroler yang diinginkan. Untuk estimator dapat digunakan algoritma estimasi Recursive Least Square (RLS), sedangkan untuk kontroler digunakan metode Pole- Placement dengan orde kontroler ditentukan dengan solusi derajat minimum yang dimodifikasi dengan menambahkan aksi integral. Dari simulasi pengendalian putaran generator dengan menggunakan STR dapat disimpulkan bahwa STR dapat bekerja seperti governor. Penggunaan integral pada kontroler dan filter pada estimator sangat membantu dalam mengkompensasi perubahan beban pada Sistem Mikrohidro. Kata kunci : governor, hidroelektrik, mikrohidro, Self Tuning Regulator (STR), Recursive Least Square (RLS), estimator.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25854
Deposited By:Mr. Sudjadi Pranoto
Deposited On:19 Jan 2011 15:55
Last Modified:19 Jan 2011 15:55

Repository Staff Only: item control page