Sugiharto B, Agung and Warsito, Agung and Facta, Mochammad (2011) SOFT STARTING DAN DYNAMIC BRAKING PADA MOTOR INDUKSI TIGA FASA MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER AT89S51. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.
| PDF - Published Version 824Kb |
Abstract
Motor induksi rotor sangkar tupai pada saat dihubungkan langsung dengan tegangan jala – jala akan menarik arus yang sangat besar. Arus pengasutan akan mengalir pada sistem saluran tenaga sebesar 500% - 800% dari arus beban penuh motor, yang menyebabkan penurunan tegangan sistem yang cukup besar yang mungkin juga berpengaruh pada peralatan lain yang terpasang didalam satu jalur sistem saluran. Jika arus yang besar mengalir dalam waktu yang lama dapat membuat motor maupun kabel penghantar menjadi terlalu panas dan merusakkan isolasi. Pengereman motor induksi secara mekanis juga memiliki kerugian terutama kerugian mekanis dan panas yang ditimbulkan. Metode pengasutan yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah metode pengasutan soft starting. Soft Starting adalah rangkaian elektronika daya yang memiliki kemampuan untuk mengatur besar tegangan keluaran, sehingga dapat digunakan sebagai metode pengasutan motor induksi dan bertujuan untuk mendapatkan pengasutan yang dapat mengurangi arus start. Komponen elektronika daya yang digunakan dalam rangkaian soft starting adalah SCR (Silicon Controlled Rectifier). Nilai tegangan keluaran yang dihasilkan tergantung besarnya sinyal sudut pemicuan yang diterapkan pada SCR. Proses pemicuan pada SCR diatur menggunakan mikrokontroler AT89S51. Metode pengereman motor dapat dirancang secara dinamik, dengan menginjeksikan arus searah pada kumparan stator motor setelah hubungan kumparan stator dilepaskan dari sumber tegangan suplai sehingga akan menghasilkan torsi pengereman pada motor. Yang bertujuan untuk mengurangi kerugian – kerugian mekanis. Proses pergantian tegangan AC ke tegangan DC pada saat pengereman dikontrol oleh mikrokontroler AT89S51. Metode pengasutan soft starting dapat digunakan untuk mengatur dan mengurangi arus pengasutan motor induksi, sehingga arus pengasutan dapat diatur mulai 40% hingga mencapai arus nominal motor dibandingkan dengan pengasutan DOL yang mencapai 120% dari arus nominal motor untuk sebuah motor induksi tiga fasa 380V, 2.0A jenis sangkar tupai dengan konfigurasi belitan stator hubung bintang. Metode pengereman dinamik digunakan untuk menghentikan motor induksi secara cepat tergantung pada besarnya arus injeksi DC yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering |
ID Code: | 25850 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 19 Jan 2011 15:39 |
Last Modified: | 19 Jan 2011 15:39 |
Repository Staff Only: item control page