PEMROGRAMAN APLIKASI PROTEKSI FILE EXECUTABLE BERBASISKAN PE (PORTABLE EXECUTABLE) DENGAN MENGGUNAKAN KOMPILER MASM 32 (MICROSOFT MACRO ASSEMBLER 32)

Gunawan, Salmon and Satoto, Kodrat Iman and Sumardi, Sumardi (2011) PEMROGRAMAN APLIKASI PROTEKSI FILE EXECUTABLE BERBASISKAN PE (PORTABLE EXECUTABLE) DENGAN MENGGUNAKAN KOMPILER MASM 32 (MICROSOFT MACRO ASSEMBLER 32). Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
174Kb

Abstract

Dewasa ini banyak sekali program-program aplikasi yang beredar di kalangan pengguna komputer, baik didistribusikan melalui media compact disk (CD) maupun dapat diambil secara langsung melalui jaringan internet dengan terlebih dahulu men-dowload-nya. Program-program aplikasi yang beredar tersebut sebagian besar didistribusikan sebagai produk yang diperdagangkan (shareware), serta sebagian kecil lagi diberikan secara gratis (freeware). Program aplikasi yang diperdagangkan tersebut pada umumnya memiliki teknik proteksi yang sangat lemah terhadap teknik–teknik debugging, disassambing serta patching. Teknikteknik tersebut biasanya didukung oleh berbagai program debugger dan disassambler seperti SoftIce, URSoft W32Dasm serta program lainnya yang banyak beredaran di internet. Sehingga tujuan dari Tugas Akhir ini adalah untuk menghasilkan program yang memberikan berbagai sistim proteksi bagi file executable dari kegiatan debugging, disassambing serta patching (pengubahan kode) tanpa perlu mengkompilasi ulang program executable tersebut. Teknik yang digunakan adalah dengan menyisipkan/menginjeksikan sekumpulan rutin fungsi ke dalam badan program yang memiliki format PE (Portable Executable), yaitu suatu bentuk standarisasi format executable yang berjalan di sistim operasi Microsoft Windows 95/98 dan Windows NT/2000. File PE yang telah diinjeksi akan bertambah besar ukurannya sebesar 2 sampai 3 KByte, disertai dengan pengenkripsian semua data (Raw Section Data) pada direktori seksi (Section Directory). Akan tetapi kecepatan proses eksekusi dari file PE hasil injeksi tidak mengalami perubahan yang signifikan oleh karena pertambahan ukuran memori virtual hanya sebesar 2 KByte. Ukuran memori virtual sebesar 2 Kbyte tersebut diperuntukkan bagi eksekusi program loader beserta rutin-rutin proteksi yang diinjeksikan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25847
Deposited By:Mr. Sudjadi Pranoto
Deposited On:19 Jan 2011 15:28
Last Modified:19 Jan 2011 15:28

Repository Staff Only: item control page