PERANCANGAN APLIKASI BILL OF LADING UNTUK PT. DEWATA FREIGHT INTERNATIONAL DENGAN MEMANFAATKAN RDBMS MICROSOFT SQL SERVER

Bachtiar, Faisal and Satoto, Kodrat Iman and Prasetijo, Agung Budi (2011) PERANCANGAN APLIKASI BILL OF LADING UNTUK PT. DEWATA FREIGHT INTERNATIONAL DENGAN MEMANFAATKAN RDBMS MICROSOFT SQL SERVER. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
265Kb

Abstract

Pada beberapa tahun terakhir, Indonesia pernah mengalami terpuruknya perekonomian yang disebabkan oleh meningkatnya kurs dollar terhadap rupiah. Karena kondisi tersebut maka perusahaan ekspor-impor di Indonesia mulai menjamur. Yang memiliki peranan penting terhadap kemajuan perusahaan ekspor-impor tersebut, yaitu suatu jasa transportasi yang tugasnya mengirimkan barang dari negara asal (eksportir) menuju ke negara tujuan (importir), perusahaan tersebut lebih dikenal dengan nama forwarding company. Demi meningkatkan pelayanan kepada para klien secara profesional, maka PT. Dewata Freight International sebagai perusahaan forwarding memandang perlu adanya sistem pendukung di dalam perusahaan, khususnya bidang dokumentasi pengiriman barang. Karena pendataan manual (belum sepenuhnya komputerisasi) yang selama ini dilakukan oleh PT. Dewata Freight International dirasa sudah tidak efisien lagi dengan semakin banyaknya transaksi yang terjadi. Tugas Akhir ini bertujuan untuk merancang perangkat lunak sistem dokumentasi pengiriman barang yang mendukung multiuser untuk PT. Dewata Freight International. Aplikasi program dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0 dan menggunakan Microsoft SQL Server 7.0 sebagai RDBMSnya. Perangkat lunak ini dapat bekerja pada jaringan komputer client-server, dan diharapkan dapat mengurangi pendataan secara manual, sehingga memudahkan dalam memasukkan data, dan memudahkan dalam menampilkan data kembali. Dengan data yang terintegrasi dalam suatu jaringan komputer akan memudahkan penyajian informasi khususnya di bidang dokumentasi pengiriman barang, sehingga akan mendukung kegiatan operasional perusahaan forwarding tersebut.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25834
Deposited By:Mr. Sudjadi Pranoto
Deposited On:19 Jan 2011 14:34
Last Modified:19 Jan 2011 14:34

Repository Staff Only: item control page