Pengenalan Pola Sinyal Elektrokardiograf (EKG) dengan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation untuk Diagnosa Kelainan Jantung Manusia

Nugroho, Erwin Setyo and sudjadi, sudjadi and Warsito, Agung (2011) Pengenalan Pola Sinyal Elektrokardiograf (EKG) dengan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation untuk Diagnosa Kelainan Jantung Manusia. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
237Kb

Abstract

Kondisi atau kelainan jantung manusia dapat diketahui melalui grafik rekaman elektrokardiograf (EKG) berdasarkan kriteria – kriteria tertentu. Pengenalan pola rekaman EKG sangat penting dalam menegakkan keakuratan diagnosa kelainan jantung manusia oleh seorang dokter. Banyaknya pola rekaman EKG merupakan suatu persoalan tersendiri dalam memberikan suatu penafsiran kondisi jantung. Dalam Tugar Akhir ini dirancang pengenalan pola grafik rekaman EKG menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan (JST) Backpropagation yang diharapkan sebagai solusi persoalan penafsiran pola rekaman EKG. JST Backpropagation memiliki karakteristik nonadaptif sehingga sesuai diterapkan dalam penafsiran pola rekaman EKG berdasarkan kriterianya yang tidak dapat diadaptasi pola kemiripannya. Dari hasil pengujian didapatkan kesimpulan bahwa JST Backpropagation dapat mengenali pola-pola yang telah diajarkan dengan akurat, namun gagal dalam pengenalan pola mirip (generalisasi)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25791
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Jan 2011 10:57
Last Modified:19 Jan 2011 10:57

Repository Staff Only: item control page