EVALUASI KOORDINASI RELE PROTEKSI PADA FEEDER DISTRIBUSI TERHADAP KEMUNGKINAN GANGGUAN SYMPHATHETIC TRIPPING PADA GANGGUAN SATU SALURAN KE TANAH

Kurniawati, Amanah and Juningtyastuti, Juningtyastuti and Facta, Mohammad (2011) EVALUASI KOORDINASI RELE PROTEKSI PADA FEEDER DISTRIBUSI TERHADAP KEMUNGKINAN GANGGUAN SYMPHATHETIC TRIPPING PADA GANGGUAN SATU SALURAN KE TANAH. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
215Kb

Abstract

Dalam setiap sistem tenaga listrik selalu digunakan sistem proteksi atau pengaman untuk mengantisipasi apabila terjadi gangguan. Sistem proteksi dan pengaman ini diperlukan untuk memisahkan bagian yang mengalami gangguan dengan yang tidak mengami gangguan sehingga sistem dapat menjalankan operasinya. Apabila peralatan proteksi atau pengaman memberikan respon yang salah terhadap gangguan maka terjadi Symphathetic Tripping. Symphathetic tripping atau pada umumnya disebut tripping ikutan/palsu yaitu peristiwa yang menggambarkan kejadian ketika suatu peralatan proteksi pengaman merespon/menanggapi secara salah atau tidak diharapkan pada suatu kondisi atau keadaan sistem tenaga listrik yang sedang mengalami gangguan. Symphathetic Tripping ini dapat terjadi pada peralatan pengaman atau proteksi yang dihubungkan seri pada penyulang yang sama, sehingga apabila terjadi gangguan pada penyulang tersebut maka dua atau lebih peralatan pengaman pada penyulang itu akan mengalami tripping. Symphathetic Tripping juga dapat terjadi pada penyulangpenyulang lainnya pada bus yang sama. Hasil penulisan Tugas Akhir ini yaitu dapat meminimalkan gangguan yang terjadi pada Jaringan Tegangan Menengah distribusi yang disebabkan oleh gangguan Symphathetic Tripping dengan menggunakan rele gangguan tanah inverse time pada gangguan satu saluran ke tanah. Kata kunci: penyulang, JaringanTegangan Menengah, proteksi, rele inverse time, Symphathetic Tripping, gangguan satu saluran ke tanah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Electrical Engineering
ID Code:25786
Deposited By:Mr. Sudjadi Pranoto
Deposited On:19 Jan 2011 10:32
Last Modified:19 Jan 2011 10:32

Repository Staff Only: item control page