OPTIMASI PENEMPATAN KAPASITOR SHUNT UNTUK PERBAIKAN DAYA REAKTIF PADA PENYULANG DISTRIBUSI PRIMER RADIAL DENGAN ALGORITMA GENETIK

Wijanarko, Eko and Sukmadi, Tedjo and Nugroho , Agung (2011) OPTIMASI PENEMPATAN KAPASITOR SHUNT UNTUK PERBAIKAN DAYA REAKTIF PADA PENYULANG DISTRIBUSI PRIMER RADIAL DENGAN ALGORITMA GENETIK. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
485Kb

Abstract

Penyaluran tenaga listrik dari Gardu Induk ke konsumen melalui saluran distribusi mengalami jatuh tegangan dan rugi-rugi daya sehingga daya yang diterima konsumen lebih kecil daripada daya yang dikirimkan. Dalam pengusahaan tenaga listrik berbagai upaya dilakukan untuk memperkecil jatuh tegangan dan rugi-rugi daya tersebut salah satunya dengan pemasangan kapasitor shunt pada saluran distribusi tenaga lsitrik. Masalah penempatan kapasitor shunt pada sistem distribusi primer meliputi penentuan lokasi dan ukuran kapasitor yang akan dipasang pada penyulang secara optimum dengan jumlah kapasitor yang telah ditetapkan sebelumnya. Untuk memperoleh nilai optimum parameter-parameter tersebut dapat dikerjakan melalui proses optimasi dengan Algoritma Genetik. Pemasangan Kapasitor berguna sebagai kompensator daya reaktif pada beban, sehingga memperbaiki faktor daya, mengurangi jatuh tegangan sistem, mengurangi rugi-rugi daya, dan memperbesar kapasitas penyaluran daya. Percobaan dan simulasi yang dilakukan menunjukan bahwa algoritma Genetika dapat menemukan penyelesaian optimum. Pemasangan tiga buah kapasitor shunt pada penyulang distribusi primer radial sistem 11 kV pada tugas akhir ini memberikan hasil yang paling optimum. Setelah pemasangan kapasitor tersebut tegangan pada penyulang naik 1,91 %, faktor daya naik 12,94 % , dan Kapasitas penyaluran daya bertambah 11,80%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25755
Deposited By:Mr. Sudjadi Pranoto
Deposited On:18 Jan 2011 15:40
Last Modified:18 Jan 2011 15:40

Repository Staff Only: item control page