Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi Pada Atlet Persatuan Sepakbola Indonesia Semarang (PSIS) Yunior

Budi Prasojo , Budi Prasojo (2008) Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi Pada Atlet Persatuan Sepakbola Indonesia Semarang (PSIS) Yunior. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
94Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

209Kb

Abstract

Latar Belakang : Atlet sepakbola perlu mendapatkan perhatian yang serius dalam rangka pencapaian prestasi maksimal dengan memiliki status gizi yang baik. Makanan yang sehat akan memberikan energi yang diperlukan untuk dapat menjalankan latihan serta pertandingan yang akan dilakukan oleh atlet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan status gizi pada atlet sepakbola. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan Cross-Sectional. Sampel diambil dengan cara total populasi berjumlah 22 orang. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner meliputi identitas sampel, umur, berat badan, tinggi badan, pengetahuan gizi, recall asupan zat gizi dan recall aktivitas fisik selama 2x24 jam. Analisis uji statistik kenormalan yang digunakan adalah Shapiro-Wilk, uji bivariat hubungan antara asupan (energi, protein, lemak, karbohidrat) dan aktivitas fisik dengan status gizi menggunakan Pearson Product Moment dan hubungan antara pengetahuan gizi dengan asupan (energi, protein, lemak, karbohidrat) menggunakan Spearman’s dan uji multivariat faktor-faktor yang berhubungan dengan status gizi pada atlet sepakbola menggunakan uji regresi linear ganda. Hasil : Terdapat hubungan antara asupan energi dengan status gizi (r=0,448;p=0,037). Terdapat hubungan antara asupan protein dengan status gizi (r=0,429;p=0,046). Terdapat hubungan antara aktivitas fisik dengan status gizi (r=0,481;p=0,024). Tidak terdapat hubungan antara asupan lemak dengan status gizi (r=0,089;p=0,695). Tidak terdapat hubungan antara asupan karbohidrat dengan status gizi (r=0,377;p=0,084). Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan gizi dengan asupan energi (r=0,042;p=0,853). Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan gizi dengan asupan protein (r=0,191;p=0,395). Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan gizi dengan asupan lemak (r=-0,282;p=0,203). Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan gizi dengan asupan karbohidrat (r=0,318;p=0,150). Simpulan : Faktor-faktor yang berhubungan dengan status gizi pada atlet sepakbola adalah asupan energi, asupan protein dan aktivitas fisik, dan faktor-faktor yang paling berhubungan dengan status gizi pada atlet sepakbola adalah aktivitas fisik

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Status gizi, pengetahuan gizi, aktivitas fisik, asupan zat gizi (energi, protein, lemak, karbohidrat)
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:25741
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:18 Jan 2011 14:14
Last Modified:18 Jan 2011 14:14

Repository Staff Only: item control page