IMPLEMENTASI VIDEO ON DEMAND DENGANMENGGUNAKAN APLIKASI WINDOWS MEDIA SERVICES VERSI 9.0

Wibowo, Dega Surono and Fatchur Rochim , Adian and Isnanto, R.Rizal (2011) IMPLEMENTASI VIDEO ON DEMAND DENGANMENGGUNAKAN APLIKASI WINDOWS MEDIA SERVICES VERSI 9.0. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
325Kb

Abstract

Teknologi streaming adalah sebuah jenis layanan yang memungkinkan pengguna untuk dapat langsung memainkan berkas yang telah diterima tanpa menunggu seluruh data selesai dikirim. Teknologi ini sangat cocok untuk diterapkan pada aplikasi multimedia seperti audio atau video pada jaringan Internet. Sebuah saluran televisi dengan format analog ditangkap oleh kartu tv tuner lalu diubah menjadi format digital dan dijadikan sebagai sumber media streaming. Proses streaming yang terjadi pada sisi server harus melalui suatu proses pemampatan dan penyandian dengan tujuan untuk mengurangi ukuran berkas dan pada sisi client dilakukan proses pengawasandian dan penguraian berkas yang tujuannya adalah agar dapat dimainkan kembali. Terdapat dua metode yang dapat digunakan mentransfer berkas dari server ke client. Metode yang pertama adalah dengan cara mengunduh keseluruhan berkas yang diinginkan tersebut ke client. Metode ini akan membutuhkan banyak waktu dan ruang penyimpanan. Berkas dapat dimainkan ketika semua telah selesai diunduh. Metode yang kedua adalah dengan cara melakukan streaming. Dengan metode streaming, berkas yang diinginkan dapat dimainkan setelah beberapa detik tanpa menunggu keseluruhan data selesai dikirim. Hasil streaming dapat dilihat dari dua sisi, yaitu dari sisi kualitas audio dan video yang dihasilkan dan berapa besar penggunaan bandwidth pada jaringan. Semakin kecil data stream yang dialirkan ke jaringan akan semakin kecil pula bandwidth yang digunakan namun dengan kualitas yang kurang bagus. Metode transmisi dengan unicast akan lebih banyak menggunakan bandwidth ketika terdapat banyak client yang meminta layanan streaming, sedangkan metode multicast akan lebih sedikit menggunakan bandwidth namun hanya dapat diterima pada suatu kelompok tertentu. Kata-kunci: streaming, client, server

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25734
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Jan 2011 12:16
Last Modified:18 Jan 2011 12:16

Repository Staff Only: item control page