Perbedaan Kadar Kolesterol Total Sebelum dan Sesudah Pemberian Yoghurt pada Wanita Menopause dengan Hiperkolesterolemia di Panti Sosial Tresna Wredha Pucang Gading Semarang

Kristine Fajarsari, Kristine Fajarsari (2008) Perbedaan Kadar Kolesterol Total Sebelum dan Sesudah Pemberian Yoghurt pada Wanita Menopause dengan Hiperkolesterolemia di Panti Sosial Tresna Wredha Pucang Gading Semarang. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
98Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

389Kb

Abstract

Latar belakang :Dari penelitian epidemiologis terbukti bahwa dislipidemia merupakan faktor resiko utama terjadinya aterosklerosis dan penyakit jantung koroner. Hiperkolesterolemia merupakan salah satu kelainan metabolisme lemak yang ditandai dengan peningkatan kadar kolesterol total puasa dalam darah. Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat diturunkan dengan intervensi diit. Yoghurt merupakan salah satu alternatif minuman yang dapat menurunkan kolesterol. Sejumlah asam – asam organik seperti asam glukoronat, propionat, folat dan laktat dapat berperan dalam penurunan kolesterol. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kadar kolesterol total sebelum dan sesudah pemberian yoghurt pada wanita menopause dengan hiperkolesterolemia. Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan one group pre test – post test design. Subyek diambil menggunakan dengan cara purposive, besar subyek penelitian ini adalah 15 orang. Total kolesterol diukur pada waktu sebelum dan sesudah intervensi. Selama intervensi asupan energi, protein, lemak, karbohidrat dan kolesterol dianalisis dengan menggunakan program Nutisoft. Uji Wilcoxon digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan. Hasil : Hasil pemeriksaan kolesterol total awal didapatkan rerata sebesar 220,59 mg/dl yang termasuk dalam kategori batas tinggi. Rerata asupan yoghurt subjek sebesar 171,66 ml. Kolesterol total subjek setelah pemberian yogurt mengalami penurunan dari 220,59 mg/dl menjadi 168,28 mg/dl (23,71 %) setelah mengkonsumsi yoghurt selama 12 hari. Hasil uji Wilcoxon menunjukan bahwa terjadi perbedaan kadar kolesterol total sebelum dan sesudah pemberian yoghurt yang bermakna dengan p=0,001 (p < 0,05). Simpulan : Terdapat perbedaan yang bermakna antara kolesterol total sebelum dan sesudah pemberian yoghurt pada wanita menopause dengan hiperkolesterolemia.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kolesterol total, yoghurt, hiperkolesterolemia, menopause
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:25733
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Jan 2011 12:25
Last Modified:18 Jan 2011 12:25

Repository Staff Only: item control page