Perbedaan Pengetahuan dan Perilaku Konsumsi Tablet Tambah Darah Ibu Hamil di Puskesmas berdasarkan Tingk at Keberhasilan Cakupan S uplementasi Tablet Tambah Darah Ibu Hamil

Nurcelia Ima Putri, Nurcelia Ima Putri (2009) Perbedaan Pengetahuan dan Perilaku Konsumsi Tablet Tambah Darah Ibu Hamil di Puskesmas berdasarkan Tingk at Keberhasilan Cakupan S uplementasi Tablet Tambah Darah Ibu Hamil. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
92Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

3438Kb

Abstract

Latar Belakang : Proses hemodilusi pada kehamilan normal dapat diatasi dengan pemberian tablet tambah darah, tetapi pada keadaan gizi kurang membutuhkan suplemen energi, vitamin dan zat besi. Kebutuhan zat besi pada ibu hamil sangat meningkat, kira-kira 1200 mg karena mutlak dibutuhkan untuk janin dan plasen ta. Bila simpanan zat besi rendah atau tidak ada sama sekali dan zat besi yang diserap dari makanan sangat sedikit, dengan demikian disamping zat besi yang diperoleh dari bahan makanan diperlukan juga suplementasi zat besi. Tujua n : Menganal isis perbeda an pengetahuan dan perilaku konsumsi tablet besi ibu hamil di Puskesmas Karangdoro dan Gunungpati Semarang. Metoda : Penelitian analitik observasional dilaksanakan dengan pendekatan cross-sectional. Subjek adalah ibu hamil trimester 3 yang berdomisili di wilayah kerja Puskesmas Karangdoro dan Gunungpati. Pengambilan subjek ibu hamil menggunakan consecutive sampling. Data pengetahuan dan perilaku konsumsi tablet tambah dar ah ibu hamil diperoleh melalui wawa ncara yang dilakukan menggunakan kuesioner. Normalita s data diuji dengan Kolmogorov-Smirnov. Uji Mann-Whitney dilakukan pada variabel perilaku konsumsi tablet tambah dar ah, asupan tablet tambah darah dan usia kehamilan saat menerima tablet tambah darah. Untuk var iabel peng etahuan menggunakan u ji Independent t-test. Analis is data menggu nakan progra m SPSS for window version 15. Hasil : Hasil analisis data didapatkan ada perbedaan perilaku konsumsi tablet tambah dar ah (p = 0,000) dan pengetahuan (p = 0,000) di Puskesmas Karangdoro dan Gunung pati. Pengetahuan dan perilaku konsumsi tablet tambah dar ah ibu hamil di Puskesmas Gunungpati lebih baik dari pada pengetahuan dan perilaku konsumsi tablet tambah dar ah ibu hamil di Puskesmas Karangdoro. Kesimpulan : Ada perbedaan pengetah uan dan perilaku konsumsi tablet tambah dar ah ibu hamil di Puskesmas Karangdoro dan Gunungpati.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Suplementasi tablet tambah dar ah, Pengetahuan, Perilaku konsumsi tablet tambah darah ibu hamil
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:25730
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Jan 2011 12:06
Last Modified:18 Jan 2011 12:06

Repository Staff Only: item control page