ANALISIS KARAKTERISTIK PELUAHAN SEBAGIAN PADA MODEL VOID BERDASARKAN FUNGSI WAKTU DAN TEGANGAN DALAM POLYVINYL CHLORIDE ( PVC )

Martoni, Devy and Juningtyastuti, Juningtyastuti and Syakur, Adbul (2011) ANALISIS KARAKTERISTIK PELUAHAN SEBAGIAN PADA MODEL VOID BERDASARKAN FUNGSI WAKTU DAN TEGANGAN DALAM POLYVINYL CHLORIDE ( PVC ). Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1540Kb

Abstract

Penyaluran tenaga listrik bawah tanah yang sekarang ini banyak dibangun harus didukung dengan sistem isolasi kabel yang baik. Salah satu bahan polimer yang cukup layak sebagai isolator dan banyak digunakan adalah isolasi kabel dengan bahan Polyvinyl Chloride (PVC). Dalam penggunaannya, isolasi kabel dapat mengalami penurunan kualitas isolasi atau degradasi sehingga tidak dapat berfungsi sebagai isolator yang baik.Salah satu penyebab utama penurunan kualitas isolasi adalah karena adanya void dalam isolasi kabel sehingga menyebabkan peluahan sebagian ( Partial Discharge ). Oleh karena itu, sangat perlu untuk mengetahui karakteristik dari partial discharge yang terjadi pada isolasi kabel, khususnya PVC tersebut. Dengan menggunakan sistem elektroda metoda II CIGRE, Osiloskop Digital GDS 2104, HPF, RC detector, arrester, dan PC maka akan diperoleh keterangan mengenai karakteristik jumlah PD dan muatan maksimum PD yang terjadi selama pengukuran.Dari hasil pengukuran, dapat diketahui karakteristik karakteristik jumlah pulsa PD dan muatan maksimum PD cenderung meningkat dengan bertambahnya waktu dan tegangan yang diterapkan. Dan rugi energi akibat terjadinya peluahan cenderung makin besar seiring makin tingginya tingkat degradasi isolasi kabel,tercatat selama 5700 siklus pada tegangan 4 kVrms, aktifitas PD ini menyebabkan rugi energi sebesar 3,64 x10-16 kWH, pada tegangan 5 kVrms sebesar 23,413x10-16 kWH, pada tegangan 6 kVrms sebesar 42,583x10-16 kWH dan tegangan 7 kVrms sebesar 54,259 x 10-16 kWH. Kata Kunci : CIGRE II, Partial Discharge, PVC dan Void

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25719
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Jan 2011 09:06
Last Modified:18 Jan 2011 09:06

Repository Staff Only: item control page