Perencanaan Optimal Sistem Kontrol AVR (Automatic Voltage Regulator) Untuk Memperbaiki Kestabilan Tegangan Dengan Menggunakan Algoritma Genetik

Wilopo, Endriyanto Nursukmadi and Sukmadi, Tedjo and Andromeda, Trias (2011) Perencanaan Optimal Sistem Kontrol AVR (Automatic Voltage Regulator) Untuk Memperbaiki Kestabilan Tegangan Dengan Menggunakan Algoritma Genetik. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
110Kb

Abstract

Automatic Voltage Regulator (AVR) memegang peranan penting pada proses pembentukan profil tegangan terminal suatu generator. Perubahan kondisi beban sebagai perilaku dinamis sistem akan menyebabkan perubahan arus yang mengalir dalam sistem generator yang menyebabkan perubahan tegangan armatur dan terminal generator tersebut. Banyak metode yang digunakan untuk mengontrol stabilisasi profil tegangan terminal generator seperti PID, lag/lead Compesator, lag/lead compensator with stabilizer, Pole Placement dll. Tugas akhir ini membuat suatu mekanisme kontrol profil tegangan terminal generator dengan menggunakan metode lag/lead compensator with stabilizer. Metode ini akan diimplementasikan bersama dalam model sistem AVR. Model ini sistem kontrol ini sangat murah karena tidak dibutuhkan suatu mekanisme kontrol yang cenderung kompleks seperti PID. Mekanisme kontrol ini hanya membutuhkan sebuah sensor tegangan dan stabiliser komponen lain merupakan komponen murni sistem AVR pada kondisi ikal terbuka. Permasalahan yang paling utama adalah menentukan besar penguatan (Gain Factor) masingmasing sistem AVR. Pemilihan GF yang tepat akan memberikan unjuk kerja yang optimal begitu juga sebaliknya jika tidak tepat maka stabilisasi profil tegangan terminal tidak akan tercapai. Pemilahan (Tunning) GF dalam tugas akhir ini menggunakan suatu metode pencarian acak terbimbing (Guided Random Search) dengan fitur seleksi alam dan evolusi genetik, atau lebih dikenal dengan nama algoritma genetik. Metode ini ternyata mampu memberikan proses tunning parameter adaptif AVR dengan kualifikasi yang sangat baik. Perfomansi algoritma genetik dapat ditentukan dengan mengetahui kualitas stabilisasi profil tegangan yang dihasilkan oleh AVR yang di re-design menggunakan algoritma genetik. Selama pengujian algoritma genetik mampu memberikan penyelesaian optimal model AVR yang handal dan berkualias seperti yang direncanakan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25695
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Jan 2011 14:20
Last Modified:17 Jan 2011 14:20

Repository Staff Only: item control page