Hubungan antara Kematangan Emosi dan Sikap Belajar terhadap presstasi belajar mahasiswa TK I Semester I Akademi Fisioterapi Surakarta tahun 2002

Sukadarwanto, Sukadarwanto (2003) Hubungan antara Kematangan Emosi dan Sikap Belajar terhadap presstasi belajar mahasiswa TK I Semester I Akademi Fisioterapi Surakarta tahun 2002. Undergraduate thesis, Faculty of Public Health.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Kegiatan penilaian di Akademi/perguruan tinggi dapat dianggap multak keberadaannya, sebab dengan adanya penilaian ini dapat diketahui sejauh mana perkembangan mahasiswa dalam menerina ilmu pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Prestasi belajar adalah hasil penilaian yang diperoleh dari kegiatan perkuliahan yang berssifat kognitif dan biasanya ditentukan melalui pengukuran dan penilaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kematangan emosi dan sikap belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa tingkat I semester I Akademi Fisioterapi Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory survey dengan pendekatan cross sectional study. Sebagai populasi dalam penelitian ini aadalah mahasiswa tingkat I semester I akademi Fisioterapi Surakarta yang berjumlah 60 orang mahasiswa. Sample dalam penelitian ini adalah total populasi. Analisa data dilakukan dengan uji Chi square untuk mengetahui hubungan antara variabel bebass dengan variabel terikat. Sedangkan untuk mengetahui kekuatan hubungan variabel bebas dengan variabel terikat menggunakan koefisien kontingensi. Hasil dari penelitian menunjukkan ada hubungan antara tingkat kematangan emosi dengan prestasi belajar mahasiswa tingkat I semester I Akademi Fisioterapi Surakarta (p value = 0,001), Ada hubungan antara sikap belajar dengan prestasi belajar mahasiswa tingkat I semester I Akademi Fisioterapi Surakarta (p value = 0,000). Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagian besar mahasiswa berusia 17 - 19 tahun sebesar 63.3% sebagian besar berjenis kelamin perempuan sebesar 76.7%, sedangkan jenis pendidikan waktu di SLTA adalah SMA sebesar 95% dengan jurusan terbesar pada jurusan IPA sebesar 91.7%. Prestasi belajar yang dicapai sebagian besar berhassil diatas 60% sebesar 66.7%. Tingkat kematangan emosinya adalah matang sebesar 83.3% dan sikap belajarnya baik sebesar 75%. Hasil penelitian ini dapat menjadikan masukan bagi Akademi Fisioterapi Surakarta dan mahasiswa Akademi Fisioterapi Surakarta untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa secara optimal sehingga tercapai prestasi yang maksimal. Kata Kunci: kematangan emosi, sikap belajar, prestasi belajar

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:25691
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Jan 2011 14:07
Last Modified:17 Jan 2011 14:07

Repository Staff Only: item control page