Proporsi Kejadian Toleransi Glukosa Terganggu Berdasarkan Ukuran Lingkar Pinggang Pada Pria Dewasa Obes di Kelurahan Pekajangan

Faizah Septiani, Faizah Septiani (2009) Proporsi Kejadian Toleransi Glukosa Terganggu Berdasarkan Ukuran Lingkar Pinggang Pada Pria Dewasa Obes di Kelurahan Pekajangan. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
81Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
81Kb

Abstract

Latar Belakang : Toleransi Glukosa Terganggu (TGT) merupakan stadium awal dari riwayat alamiah diabetes. Penderita TGT lebih berisiko untuk berkembang menjadi diabetes daripada yang tidak. Peningkatan usia dan pengaruh gaya hidup menyebabkan peningkatan penyakit ini. Obesitas abdominal merupakan salah satu faktor utama terjadinya Toleransi Glukosa Terganggu. Terdapat korelasi antara ukuran lingkar pinggang dengan derajat intoleransi glukosa. Tujuan : Mendeskripsikan proporsi kejadian Toleransi Glukosa Terganggu berdasarkan ukuran lingkar pinggang yang merupakan cara mudah untuk deteksi dini risiko diabetes serta menganalisis hubungan antara ukuran lingkar pinggang dengan kadar glukosa darah sewaktu pada pria dewasa obes. Metoda : Penelitian ini merupakan sebuah penelitian analitik dengan desain cross sectional, melibatkan 29 orang pria dewasa yang diambil dengan cara consecutive sampling. Kejadian toleransi glukosa terganggu diketahui dengan pengukuran kadar glukosa darah sewaktu. Data tingkat aktivitas fisik subjek diperoleh dari rekam aktivitas 4x24 jam (hari biasa dan libur). Asupan karbohidrat dan lemak diperoleh dari food recall 3x24 jam (hari biasa dan libur). Analisis data dengan uji univariat, korelasi Pearson product moment dan korelasi Parsial. Hasil : Proporsi kejadian Toleransi Glukosa Terganggu berdasarkan ukuran lingkar pinggang adalah sebesar 51,7%. Tidak adanya hubungan yang signifikan antara kadar glukosa darah sewaktu dengan ukuran lingkar pinggang. Simpulan : Aktivitas fisik lebih berhubungan dengan kadar glukosa darah dibanding ukuran lingkar pinggang, tingkat kecukupan asupan karbohidrat dan lemak.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Pria Obes, Lingkar Pinggang, Toleransi Glukosa Terganggu (TGT)
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:25676
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Jan 2011 13:29
Last Modified:20 Jun 2014 16:14

Repository Staff Only: item control page