PENGARUH ALOKASI KANAL DAN KARAKTERISTIK SERAT OPTIS TERHADAP BESARNYA EFEK FOUR WAVE MIXING (FWM) DALAM KOMUNIKASI OPTIS

Ardelina, Dwi Widya and Susanto, Adhi and Wahyudi, Wahyudi (2011) PENGARUH ALOKASI KANAL DAN KARAKTERISTIK SERAT OPTIS TERHADAP BESARNYA EFEK FOUR WAVE MIXING (FWM) DALAM KOMUNIKASI OPTIS. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
484Kb

Abstract

Four Wave Mixing (FWM) adalah efek tidak linear yang paling merugikan dalam sistem Dense Wavelength Division Multiplexing (DWDM). Sinyal FWM dapat menyebabkan cakap-silang akibat banyaknya kanal yang disalurkan. Efek FWM adalah munculnya sinyal-sinyal optis baru karena pencampuran sinyal-sinyal optis kuat dengan frekuensi yang berdekatan. Dalam komunikasi optis, besar daya sinyal FWM dipengaruhi oleh pengaturan lokasi dan daya kanal serta karakteristik serat optis yang digunakan. Telah dibuktikan dengan simulasi dalam penelitian ini, bahwa pengaturan jarak antar kanal yang tidak seragam dapat mengurangi terjadinya cakap-silang kanal asli dengan sinyal FWM. Sementara itu penggunaan serat optis dengan nilai mutlak dispersi yang tinggi serta luas efektif inti serat yang cukup besar dapat mengurangi daya FWM yang dibangkitkan. Indeks Istilah – Four Wave Mixing, Teknik alokasi kanal tidak sama, DWDM, atenuasi, dispersi, luas efektif inti serat, DSF, NZDSF.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25667
Deposited By:Mr. Sudjadi Pranoto
Deposited On:17 Jan 2011 12:55
Last Modified:17 Jan 2011 12:55

Repository Staff Only: item control page