Perbedaan Pola Aktivitas Fisik Dan Persentase Lemak Tubuh Antara Remaja Di Wilayah Perkotaan Dan Pedesaan (Studi di SMP NEGERI 1 Semarang dan SMP Negeri 1 Mranggen)

Halimatus Sa’diyah , Halimatus Sa’diyah (2009) Perbedaan Pola Aktivitas Fisik Dan Persentase Lemak Tubuh Antara Remaja Di Wilayah Perkotaan Dan Pedesaan (Studi di SMP NEGERI 1 Semarang dan SMP Negeri 1 Mranggen). Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
125Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

365Kb

Abstract

Latar Belakang : Kemajuan dibidang ilmu pengetahuan, teknologi dan ekonomi telah menciptakan suatu lingkungan dengan gaya hidup cenderung sedentary atau kurang gerak dan pola makan tinggi kalori dan lemak terutama di perkotaan daripada pedesaan. Tetapi sekarang masalah gizi ganda tidak hanya terdapat pada masyarakat perkotaan saja akan tetapi juga terdapat pada masyarakat pedesaan. Persentase lemak tubuh merupakan salah satu indeks kegemukan dan aktivitas fisik merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi persentase lemak tubuh. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pola aktivitas fisik dan persentase lemak tubuh antara remaja di wilayah perkotaan dan pedesaan. Metode : Penelitian analitik dengan desain cross sectional dengan jumlah 38 subjek untuk masing-masing kelompok kota dan desa, diambil dengan metode multistage sampling. Persentase lemak tubuh diukur menggunakan Bioelectrical Impedance Analyzer (BIA). Kuesioner dairy activity digunakan untuk mengukur tingkat aktivitas fisik dan food recall 24jam untuk mengukur asupan energi. Analisis data dengan Saphiro Wilk, Mann-Whitney, dan Independent T-test. Hasil : Rerata tingkat aktivitas fisik remaja perkotaan lebih tinggi (2091,48±576,90 kkal) dibandingkan remaja pedesaan (2062,12±487,25 kkal). Rerata persen lemak tubuh remaja perkotaan lebih tinggi (16,25±8,31) dibandingkan remaja pedesaan (13,80±6,20). Rerata asupan energi remaja perkotaan lebih tinggi (101,28±16,28) dibandingkan remaja pedesaan (97,05±18,21). Tidak ada perbedaan pola aktivitas fisik dan persentase lemak tubuh antara remaja di wilayah perkotaan dan pedesaan. Kesimpulan :.Pola aktivitas fisik dan persentase lemak tubuh remaja di wilayah perkotaan tidak berbeda bermakna dengan remaja di wilayah pedesaan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Persentase lemak tubuh, aktivitas fisik, remaja, kota dan desa.
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:25652
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Jan 2011 10:18
Last Modified:17 Jan 2011 10:18

Repository Staff Only: item control page