GAMBARAN PELAKSANAAN PENYULUHAN KESEHATAN MASYARAKAT RUMAH SAKIT DI RS. DR.SARDJITO YOGYAKARTA

Hartati, Sri (2004) GAMBARAN PELAKSANAAN PENYULUHAN KESEHATAN MASYARAKAT RUMAH SAKIT DI RS. DR.SARDJITO YOGYAKARTA. Undergraduate thesis, Faculty of Public Health.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Rumah sakit sebagai sarana kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan paripurna, untuk mencapai tujuan serta menumbuh kembangkan peran serta melalui perubahan perilaku positif bagi pasien petugas rumah sakit memerlukan berbagai upaya kesehatan,salah satunya melalui kegiatan penyuluhan Kesehatan Masyarakat Rumah Sakit ( PKMRS). RS Dr. Sardjito sebagai rumah sakit Perjan yang menyelenggarakan kegiatan jasa pelayanan,pendidikan dan peneltian, berdasarkan tugas dan fungsinya belum melakukan secara optimal upaya peningkatan dan pencegahan penyakit melalui PKMRS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kegiatan PKMRS di RS Dr. Sardjito dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk menemukan fakta dengan interprestasi yang tepat untuk membuat gambaran suatu keadaan secara obyektif. Subyek penelitian adalah petugas penyuluh PKMRS baik aktif maupun tidak aktif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, diskusi kelompok terarah dan observasi (pengamatan). Data dianalisa secara kualitatif dan mengikuti pola pikir induktif, yaitu pengujian bertitik tolak dari data yang telah terkumpul kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Metode pengolahan dengan anslisa isi. Pengolah data disesuaikan dengan tujuan penelitian, disajikan dalam bentuk deskripsi analitik. Hasil peneltian menggambarkan karakteristik dari 12 orang petugas penyuluh aktif PKMRS, umur sebagai besar berkisar antara 26-30 tahun (6 orang), telah menikah sebanyak 7 orang, latar belakang pendidikan terbanyak paramedis (9 orang), yang belum mendapatkan pelatihan PKMRS 10 orang dan lama bertugas 6-10 tahun (4 orang). Pengorganisasian dan manajemen yang kurang maksimal pelaksanaannya.Tidak adanya penunjukan melalui SK Direktur sebagai petugas penyuluh PKMRS. Jumlah sarana terbatas serta sebagian tidak layak pakai. Metode yang sering digunakan dalam penyuluhan individu adalah tanya jawab,sedangkan pada penyuluhan kelompok adalah ceramah tanya jawab. Sasaran penyuluhan hanya ditujukan bagi pasien, Keluarga pasien, dan pengunjung. Petugas Rumah sakit belum menjadi sasaran penyuluhan. Pembiayaan kegiatan PKMRS hanya bersumber dari RS. Belum dilakukan bibingan dan motivasi kepala PKMRS terhadap petugas penyuluh. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar kepala PKMRS RS Dr. Sardjito melakukan bimbingan dan motivasi khususnya kepada petugas penyuluh, perlu penunjukan melalui SK Direktur bagi petugas penyuluh, Penambahan dana selain dana operasional PKMRS,perlunya pengadaan media perantara (wireless) yang baru dan penyediaan ruang khusus bagi pelaksanaan penyuluhan. Kata Kunci: Pelaksanaan PKMRS.HPME Implementation

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:25574
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Jan 2011 09:55
Last Modified:14 Jan 2011 09:55

Repository Staff Only: item control page