PENGENALAN SUARA ALAT MUSIK DENGAN METODE JARINGAN SARAF TIRUAN (JST) LEARNING VECTOR QUANTIZATION (LVQ) MELALUI EKSTRAKSI KOEFISIEN CEPSTRAL

Susanto, Indra and Wahyudi, Wahyudi and Hidayatno, Achmad (2011) PENGENALAN SUARA ALAT MUSIK DENGAN METODE JARINGAN SARAF TIRUAN (JST) LEARNING VECTOR QUANTIZATION (LVQ) MELALUI EKSTRAKSI KOEFISIEN CEPSTRAL. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
143Kb

Abstract

Tugas Akhir ini membahas mengenai pengenalan alat musik dengan Jaringan Saraf Tiruan (JST) Learning Vector Quantization (LVQ). Dan memakai ekstraksi koefisien cepstral. Untuk proses ekstraksi parameter suara digunakan metode Linear Predictive Coding (LPC) untuk mendapatkan koefisien cepstral. Koefisien cepstral yang dihasilkan merupakan vektor masukan untuk dilatih dalam jaringan. Hasil pelatihan berupa perubahan bobot jaringan sehingga diperoleh jaringan yang memiliki kemampuan pengklasifikasian. Jaringan tersebut kemudian diuji dengan mensimulasikannya pada data latihan dan data uji untuk menghasilkan persentase pengenalan. Eksperimen dilakukan dengan beberapa perubahan nilai parameter untuk memperoleh persentase pengenalan terbaik. Kata kunci : Linear Predictive Coding (LPC), Cepstral, Jaringan Saraf Tiruan, Learning Vector Quantization (LVQ)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25567
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Jan 2011 09:10
Last Modified:14 Jan 2011 09:10

Repository Staff Only: item control page