PEMANFAATANPING)))™ULTRASONIC DISTANCE SENSOR DENGAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ATMELATMEGA8515 UNTUK MENGETAHUI LETAK BENDA PADA PENDERITA CACAT TUNA NETRA

Aldrin, Sundra and Sumardi , Sumardi and Setiawan, Iwan (2011) PEMANFAATANPING)))™ULTRASONIC DISTANCE SENSOR DENGAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ATMELATMEGA8515 UNTUK MENGETAHUI LETAK BENDA PADA PENDERITA CACAT TUNA NETRA. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF - Published Version
449Kb

Abstract

Perkembangan teknologi elektronika terutama dibidang mikrokontroler terjadi sangat pesat.Telah banyak penerapan dan pemanfaatan mikrokontroler yang berguna dalam kehidupan sehari-hari maupun dalamp enelitian dilaboratorium.Pada tugas akhir ini digunakan mikrokontrolerATmega8515 produk dari ATMEL sebagai pengukur jarak dengan menggunakan Ultrasonic Distance Sensor utuk mengetahui jarak suatu benda dengan keakuratan yang tinggi. Metode yang digunakan ialah dengan memanfaatkan f(Timer/Counter) yang sudah ada dalam mikrokontroler.Mikrokontroler ATMELATmega8515 memiliki kecepatan pembangkit frekuensi hingga 8MHz,kemampuan pencacah16-bit,serta dengan menggunakan bahasa C sebagai bahasa pemrogramannya.Code Vision AVR merupakan salah satu perangkat lunak yang menggunakan bahasaC. Code Vision AVR dirancang dengan mempertimbangkan sifat-sifat pengkodean bahasa C sehingga program yang dihasilkan kompiler bisa sekecil mungkin dan secepat mungkin. Hasil penelitian ini akan didapatkan pengukuran jarak benda dari sensor gelombang ultrasonik dengan mikrokontroler ATMELAtmega8515.Frekuensi ini berada pada frekuensi gelombang ultrasonik,yang besarnya diatas 20KHz. Katakunci:ATmega8515,Sensorultrasonik,Mikrokontroler.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25556
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Jan 2011 19:45
Last Modified:13 Jan 2011 19:45

Repository Staff Only: item control page