ANALISA PERBANDINGAN NILAI TEGANGAN TEMBUS DIELEKTRIK UDARA PADA KONDISI BASAH DENGAN CAIRAN DOMINAN ASAM, BASA, GARAM, CAIRAN HUJAN DI WILAYAH PANTAI, DAN DI KAWASAN INDUSTRI DENGAN ELEKTRODA BOLA-BOLA, DAN ELEKTRODA JARUM-JARUM

Siswanto , Siswanto and Syakur , Abdul and Facta , Mochammad (2011) ANALISA PERBANDINGAN NILAI TEGANGAN TEMBUS DIELEKTRIK UDARA PADA KONDISI BASAH DENGAN CAIRAN DOMINAN ASAM, BASA, GARAM, CAIRAN HUJAN DI WILAYAH PANTAI, DAN DI KAWASAN INDUSTRI DENGAN ELEKTRODA BOLA-BOLA, DAN ELEKTRODA JARUM-JARUM. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF - Published Version
373Kb

Abstract

Isolasi adalah salah satu bentuk peralatan tegangan tinggi yang berfungsi memisahkan dua atau lebih penghantar listrik yang bertegangan, sehingga antara penghantar tidak terjadi lompatan api atau percikan api. Secara umum isolasi dibagi menjadi 3 (tiga) macam yaitu isolasi padat, cair dan gas. Kemampuan isolasi dalam menahan tegangan mempunyai batas-batas tertentu sesuai dengan material penyusun dan lingkungan sekitarnya. Apabila tegangan yang diterapkan melebihi kuat medan isolasi maka akan terjadi tembus atau breakdown yang menyebabkan terjadinya aliran arus antara peralatan tegangan tinggi. Kekuatan isolasi gas dipengaruhi beberapa hal antara lain temperatur, kelembaban,hujan, tingkat kontaminasi udara dan tegangan yang diterapkan. Adanya fenomena alam berupa hujan akan mempengaruhi kekuatan isolasi dalam mencegah terjadinya tembus antar dua peralatan tegangan tinggi yang diisolasi. Pemodelan peralatan tegangan tinggi dengan elektroda bola homogen dan jarum homogen dimaksudkan untuk mengetahui tegangan tembus udara antara keduanya jika terjadi perubahan terhadap lingkungan sekitar berupa hujan, baik hujan yang bersifat asam,basa, dan garam melalui pengujian di laboratorium tegangan tinggi. Teknik analisis data menggunakan cara analisis data kualitatif interpretatif dan analisis statistik secara elementer, yang digunakan sejak awal penelitian dimulai, diantaranya dalam memilih obyek, sample, mengklasifikasikan simbol hingga kesimpulan akhir penelitian. Analisis data secara statistik digunakan untuk memperkirakan kemungkinan tembus yang terjadi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25537
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Jan 2011 16:26
Last Modified:13 Jan 2011 16:26

Repository Staff Only: item control page