APLIKASI MIKROKONTROLER AT89C51 UNTUK PENGENDALIAN KECEPATAN MOTOR DC DENGAN MENGGUNAKAN GELOMBANG RADIO SEBAGAI MEDIA TRANSMISI

Andriana, Yudi and Sumardi, Sumardi and Triwiyatno , Aris (2011) APLIKASI MIKROKONTROLER AT89C51 UNTUK PENGENDALIAN KECEPATAN MOTOR DC DENGAN MENGGUNAKAN GELOMBANG RADIO SEBAGAI MEDIA TRANSMISI. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF - Published Version
196Kb

Abstract

Motor DC adalah salah satu motor yang banyak dipakai dalam aplikasi di industri. Pengaturan kecepatan motor adalah parameter yang mendasar dan seringkali dikontrol dari jarak yang jauh. Dalam Tugas Akhir ini dirancang suatu perangkat pengontrolan jarak jauh kecepatan motor DC yang memanfaatkan gelombang radio sebagai media transmisi data berbasis mikrokontroler AT89C51. Alat ini terdiri dari dua bagian pokok yaitu unit pngirim/penerima yang selanjutnya disebut unit 1 dan unit penerima/pengirim yang selanjutnya disebut unit 2. Sisi unit 1 sebagai masukan untuk menentukan besarnya kecepatan motor sekaligus penampil dari data yang diterima dari unit 2. Pada sisi unit 2 yang ditempatkan pada bagian yang dikontrol dalam hal ini motor DC 12V akan menerima data melalui kode-kode DTMF yang akan memodulasi sinyal osilator yang termodulasi frekuensi. Setelah kecepatan mencapai set point maka akan dikirimkan ke unit 1 untuk ditampilkan di papan penampil (LCD). Agar komunikasi dua arah ini tidak terganggu dipakai daerah kerja frekuensi yang berbeda dan teknik komunikasi yang digunakan secara half duplex. Sebagai faktor keamanan maka sistem perangkat ini dilengkapi dengan suatu password, sehingga hanya orang yang mengetahui password ini saja yang dapat mengoperasikan alat ini. Kata kunci --- Mikrokontroler AT89C51, Sinyal DTMF, Modulasi Frekuensi (FM)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25515
Deposited By:Mr. Sudjadi Pranoto
Deposited On:13 Jan 2011 14:22
Last Modified:13 Jan 2011 14:22

Repository Staff Only: item control page