PENGENALAN TEKS BRAILLE BERBASIS JARINGAN SYARAF TIRUAN FEEDFORWARD MULTILAYER DENGAN MENGGUNAKAN METODE BACK PROPAGATION

Firmansyah, Praditya and Syafei , Wahyul Amien and Setiawan, Iwan (2011) PENGENALAN TEKS BRAILLE BERBASIS JARINGAN SYARAF TIRUAN FEEDFORWARD MULTILAYER DENGAN MENGGUNAKAN METODE BACK PROPAGATION. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF - Published Version
777Kb

Abstract

Huruf braille merupakan suatu bentuk tulisan khusus yang digunakan oleh para tunanetra untuk mengetahui informasi dan ilmu pengetahuan. Dalam tugas akhir ini dibuat suatu perangkat lunak untuk mengenali teks braille agar para tunanetra dapat mengetahui informasi dan ilmu pengetahuan dengan nyaman. Proses pengenalan karakter teks braille ini menggunakan jaringan syaraf (neuron) tiruan feedforward multilayer dengan metode backpropagation serta menggunakan adanya suatu proses pengolahan gambar. Pada tahap pengenalan pola huruf braille, sebelumnya ada proses pengolahan gambar , dimana citra masukan teks braille diambil secara offline dengan menggunakan scanner terlebih dahulu sebelum dilakukan proses selanjutnya , yaitu : grayscale, deteksi tepi, thresholding, ekstraksi ciri dan kemudian selanjutnya dapat dilakukan pelatihan dan pengenalan huruf serta kemudian tulisan yang telah dikenali tersebut akan dikeluarkan oleh komputer pribadi dalam bentuk suara sesuai dengan huruf yang telah diproses. Kata-kunci : jaringan syaraf tiruan, huruf braille, backpropagation.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25448
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Jan 2011 16:06
Last Modified:12 Jan 2011 16:06

Repository Staff Only: item control page