Hubungan Perilaku Ayah mengenai ASI Eksklusif Dengan Praktek Pemberian ASI Eksklusif (Studi Di Wilayah Kerja Puskesmas Borobudur Kabupaten Magelang)

Dianovita Paramita Wardani, Dianovita Paramita Wardani (2009) Hubungan Perilaku Ayah mengenai ASI Eksklusif Dengan Praktek Pemberian ASI Eksklusif (Studi Di Wilayah Kerja Puskesmas Borobudur Kabupaten Magelang). Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
114Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

548Kb

Abstract

Latar Belakang : Pemberian ASI eksklusif adalah bayi hanya diberikan ASI tanpa makanan atau minuman lain. Baru-baru ini ayah dinyatakan mempunyai peran yang signifikan karena sekarang menyusui dianggap sebagai hubungan pola menyusui tripartit (yaitu antara ayah, ibu dan bayi). Tujuan : Mengetahui hubungan perilaku ayah mengenai ASI eksklusif yang meliputi pengetahuan, sikap dan praktek dengan praktek pemberian ASI eksklusif. Metoda : Desain penelitian ini adalah cross sectional dengan jumlah subyek 30. Subjek adalah ibu dan ayah di wilayah puskesmas Borobudur, Kabupaten Magelang yang mempunyai bayi berusia 6-9 bulan dipilih dengan consecutive sampling berdasarkan kriteria inklusi. Data pengetahuan, sikap dan praktek ayah mengenai ASI eksklusif serta praktek pemberian ASI eksklusif diperoleh melalui wawancara. Analisis data bivariat menggunakan uji rank Spearman. Hasil : Tidak ada ayah yang masuk dalam kategori pengetahuan baik. Ayah yang masuk kategori pengetahuan sedang dan kurang yaitu 50%. Lebih banyak ayah yang tidak mendukung praktek pemberian ASI eksklusif (56,7%). Lebih banyak ayah yang termasuk dalam kategori praktek sedang (56,7%). Hasil uji korelasi menunjukkan tidak ada hubungan antara pengetahuan (r = 0,217; p=0,250) dan praktek (r =0,194; p=0,305) ayah mengenai ASI eksklusif dengan praktek pemberian ASI eksklusif. Ada hubungan antara sikap ayah mengenai ASI eksklusif dengan praktek pemberian ASI eksklusif (r=0,376;p=0,040). Simpulan : Tidak ada hubungan antara pengetahuan ayah mengenai ASI eksklusif dan praktek ayah dalam mendukung ASI eksklusif dengan praktek pemberian ASI eksklusif. Ada hubungan antara sikap ayah mengenai ASI eksklusif dengan praktek pemberian ASI eksklusif.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:ASI Eksklusif, Pengetahuan, Sikap, Praktek, Ayah
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:25421
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Jan 2011 13:55
Last Modified:12 Jan 2011 13:55

Repository Staff Only: item control page