Pola Pemberian, Kontribusi Makronutrien dan Mikronutrien Makanan Pendamping ASI Bayi Usia 6-12 Bulan pada Keluarga Miskin dan Non Miskin di Wilayah Kerja Puskesmas Tawangsari Kabupaten Sukoharjo

Nisa Nur Hasanah , Nisa Nur Hasanah (2011) Pola Pemberian, Kontribusi Makronutrien dan Mikronutrien Makanan Pendamping ASI Bayi Usia 6-12 Bulan pada Keluarga Miskin dan Non Miskin di Wilayah Kerja Puskesmas Tawangsari Kabupaten Sukoharjo. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
121Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

255Kb

Abstract

Latar Belakang : Kemiskinan menyebabkan terbatasnya akses penduduk terhadap pangan yang cukup, berpotensi pada terjadinya gizi kurang dan sulit mempertahankan gizi baik pada bayi di keluarga miskin. Penyebab utama terjadinya gizi kurang dan hambatan pertumbuhan pada anak usia 3-15 bulan berkaitan dengan rendahnya pemberian ASI dan praktek pemberian MP-ASI. Tujuan : Mengetahui perbedaan pola pemberian, kontribusi makronutrien dan mikronutrien MP-ASI bayi usia 6-12 bulan pada gakin dan non-gakin. Metode : Penelitian menggunakan desain kasus kontrol dengan subjek penelitian bayi usia 6-12 bulan dipilih secara simple random sampling yang terdiri dari 28 orang kasus (gakin) dan 28 kontrol (non-gakin). Pola pemberian MP-ASI diukur dengan kuesioner pola pemberian MP-ASI, kontribusi makronutrien dan mikronutrien menggunakan recall 3x24 jam. Data pola pemberian MP-ASI dan kontribusi mikronutrien dianalisis dengan Mann-whitney dan kontribusi makronutrien dengan Independent t-test. Hasil : Usia awal, bentuk dan porsi pemberian MP-ASI gakin belum sesuai sedangkan frekuensi pemberian MP-ASI sudah sesuai. Usia awal, frekuensi dan bentuk pemberian MP-ASI non-gakin sudah sesuai sedangkan porsi pemberian MP-ASI belum sesuai. Kontribusi energi dan protein gakin lebih rendah daripada non-gakin. Kontribusi vitamin A, vitamin C, niasin, asam folat, zat besi dan seng non-gakin lebih tinggi daripada gakin sedangkan kontribusi vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12 dan kalsium non-gakin lebih rendah daripada gakin. Simpulan : Tidak terdapat perbedaan antara pola pemberian, kontribusi makronutrien dan mikronutrien MP-ASI bayi usia 6-12 bulan pada gakin dan non-gakin di wilayah kerja puskesmas Tawangsari.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:pola pemberian MP-ASI, kontribusi makronutrien, kontribusi mikronutien, gakin
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:25395
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Jan 2011 10:41
Last Modified:12 Jan 2011 10:41

Repository Staff Only: item control page