Pengaruh Perlakuan Sanitizer Air Panas pada Peralatan Penyajian terhadap Penurunan Angka Total Bakteri dan Coliform di Bangsal Geriatri RSUP Dr. Kariadi Semarang

Intan Nila Trisnawati, Intan Nila Trisnawati (2011) Pengaruh Perlakuan Sanitizer Air Panas pada Peralatan Penyajian terhadap Penurunan Angka Total Bakteri dan Coliform di Bangsal Geriatri RSUP Dr. Kariadi Semarang. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
102Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

282Kb

Abstract

Latar Belakang : Infeksi akibat bakteri pada saluran pencernaan masih banyak terjadi di berbagai daerah di Indonesia dapat disebabkan oleh kontaminasi silang akibat bakteri dalam makanan dari peralatan penyajian ke makanan. Peralatan penyajian dengan proses pencucian yang belum bersih dapat menyebabkan pencemaran pada makanan yang disajikan. Pasien lanjut usia rawan terkena infeksi akibat pencemaran bakteri (infeksi nosokomial), termasuk melalui saluran pencernaan. Tingkat kontaminasi bakteri di peralatan penyajian dapat dilihat dari angka total bakteri dan coliform. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan sanitizer air panas pada peralatan penyajian terhadap penurunan angka total bakteri dan coliform. Metode : Rancangan penelitian ini adalah Pra Eksperimental pre test and post test design dengan besar subjek 4 buah peralatan penyajian yaitu, piring, plato tertutup, sendok, dan gelas. Perlakuan dalam penelitian ini dengan merendam peralatan penyajian dalam air panas 80°C selama 2 menit. Pengambilan subjek usap alat dilakukan sesudah proses toweling pada subjek sebelum dan sesudah perlakuan. Data hasil pemeriksaan angka total bakteri diperoleh dengan metode spread plate, dan data pemeriksaan coliform dengan metode MPN. Hasil : Hasil pemeriksaan angka total bakteri sebelum perlakuan berkisar antara 120 – 280 CFU/cm2, belum memenuhi syarat sanitasi peralatan penyajian dan terdapat dua peralatan penyajian yang terkontaminasi coliform. Peralatan penyajian sesudah perlakuan hasil pemeriksaan angka total bakteri berkisar antara 80 – 100 CFU/cm2, sehingga memenuhi persyaratan sanitasi yaitu sebanyak – banyaknya 100 CFU/cm2 dan tidak terdapat peralatan yang terkontaminasi coliform. Hasil analisis menunjukkan proses sanitasi memberikan pengaruh penurunan angka total bakteri (p=0.00), namun tidak memberikan pengaruh terhadap coliform (p=0.50). Simpulan : Perlakuan perendaman air panas terhadap peralatan penyajian memberikan pengaruh penurunan yang signifikan terhadap angka total bakteri (p = 0.00), namun tidak terdapat pengaruh terhadap coliform.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:sanitasi, air panas, angka total bakteri, coliform
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:25388
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Jan 2011 10:08
Last Modified:12 Jan 2011 10:08

Repository Staff Only: item control page