Simulasi Perhitungan Pembebanan Ekonomis Pada Pusat Listrik Tenaga Diesel Dengan Metode Dynamic Programming (Studi Kasus Di PT. Arteria Daya Mulia)

Luciana, Erlina and Sukmadi, Tejo and Handoko, Susatyo (2011) Simulasi Perhitungan Pembebanan Ekonomis Pada Pusat Listrik Tenaga Diesel Dengan Metode Dynamic Programming (Studi Kasus Di PT. Arteria Daya Mulia). Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
305Kb

Abstract

Pertumbuhan industri pada suatu negara berkembang seperti Indonesia sangat pesat terutama dengan banyak digunakannya teknologi-teknologi baru dalam kelangsungan proses produksinya. Salah satunya adalah PT. Arteria Daya Mulia yang merupakan produsen jala ikan terbesar di ASIA. Dengan demikian kontinuitas tenaga listrik di perusahaan ini menjadi kebutuhan yang utama dalam proses produksi. Kebutuhan tenaga listrik ini dipenuhi dengan mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). Ada enam Pembangkit Listrik Tenaga Diesel di PT. ARIDA, empat Pembangkit Listrik Tenaga Diesel berbahan bakar gas PNG (Petroleum Natural Gas) dan dua Pembangkit Listrik Tenaga Diesel berbahan bakar solar. Biaya operasi terbesar pada Pembangkit Listrik Tenaga Diesel untuk menghasilkan daya yang dibutuhkan beban adalah biaya konsumsi bahan bakar. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui pembebanan ekonomis unit Pembangkit Listrik Tenaga Diesel agar diperoleh biaya operasi yang minimum. Analisis pada Tugas Akhir ini, untuk mendapatkan biaya operasi yang minimum digunakan metode Dynamic Programming. Biaya konsumsi bahan bakar pembangkit pada tanggal 3 November 2008 selama 24 jam adalah Rp 7.910.604 /hari dengan mengoperaikan 3 unit pembangkit yaitu pembangkit unit 2, unit 3 dan unit 4. Hasil perhitungan simulasi menggunakan metode Dynamic Programming pada hari yang sama dan beban yang sama menunjukkan bahwa pembebanan ekonomis unit Pembangkit Listrik Tenaga Diesel memberikan efisiensi biaya sebesar Rp 1.192.525/hari dengan mengoperasikan 4 unit pembangkit yaitu pembangkit unit 1, unit 2, unit 3 dan unit 4 dengan biaya konsumsi bahan bakar sebesar Rp 6.718.079 /hari.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25386
Deposited By:Mr. Sudjadi Pranoto
Deposited On:12 Jan 2011 09:41
Last Modified:12 Jan 2011 09:41

Repository Staff Only: item control page