APLIKASI TEKNIK KENDALI GAIN SCHEDULING PADA SISTEM KONTROL VALVE UNTUK PENGENDALIAN TINGGI MUKA CAIRAN PADA LIMAS TERPANCUNG

Wibowo, Wisnu and Setiawan, Iwan and Sumardi, Sumardi (2011) APLIKASI TEKNIK KENDALI GAIN SCHEDULING PADA SISTEM KONTROL VALVE UNTUK PENGENDALIAN TINGGI MUKA CAIRAN PADA LIMAS TERPANCUNG. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1706Kb

Abstract

Teknik kendali Gain Scheduling merupakan salah satu teknik kendali yang digunakan untuk mendapatkan respon sistem yang diinginkan dengan cara melakukan perubahan nilai penguatan (gain) pada titik – titk respon sistem yang telah ditentukan. Tujuan dari tugas akhir ini adalah membuat sebuah aplikasi sistem kendali Gain Scheduling dan mengamati respon sistem yang dihasilkan. Pada tugas akhir ini dilakukan pengujian terhadap unjuk kerja kendali Gain Scheduling dalam mengendalikan sistem kontrol valve untuk mengatur tinggi muka cairan secara on-line pada wadah penampung yang berbentuk limas terpancung dengan sisi atas yang lebih besar dari sisi bawahnya. Pengendalian dilakukan dengan mengatur pembukaan valve pengisian pada wadah penampung. Teknik pengendalian Gain Scheduling diimplementasikan pada sistem mikrokontroler ATMEGA8535 dan dapat dimonitoring melalui LCD dan komputer. Dari hasil pengujian yang dilakukan dapat diketahui teknik kendali Gain Scheduling menghasilkan respon sistem yang cukup baik dalam menuju nilai referensi yang diberikan. Semakin besar referensi yang diberikan, waktu respon sistem untuk mencapai keadaan steadynya menjadi lebih lama, hal ini diakibatkan semakin besarnya luasan wadah penampung plant yang mengakibatkan semakin besarnya beban sistem. Pada pengujian dengan gangguan berupa penambahan bukaan valve outlet menunjukan semakin besar gangguan yang diberikan, offset yang dihasilkan juga akan semakin besar. Kata kunci : Gain Scheduling, Kontrol Valve, Tinggi Muka Cairan, Limas Terpancung.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25376
Deposited By:Mr. Sudjadi Pranoto
Deposited On:11 Jan 2011 18:49
Last Modified:11 Jan 2011 18:49

Repository Staff Only: item control page