PERANCANGAN INVERTER HALF BRIDGE ZERO VOLTAGE SWITCHING PADA APLIKASI BALLAST ELEKTRONIK UNTUK LAMPU HIGH PRESSURE SODIUM

Syaifulhaq, Muhammad and Warsito, Agung and Karnoto, Karnoto (2011) PERANCANGAN INVERTER HALF BRIDGE ZERO VOLTAGE SWITCHING PADA APLIKASI BALLAST ELEKTRONIK UNTUK LAMPU HIGH PRESSURE SODIUM. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
584Kb

Abstract

Lampu sodium bertekanan tinggi atau High Pressure Sodium (HPS) Lamps termasuk dalam kelas lampu discharge tekanan tinggi, yang efisien dalam pencahayaan dan banyak digunakan sekarang ini. Lampu jenis ini pada umumnya masih banyak yang menggunakan ballast elektromagnetik. Ballast elektromagnetik memang lebih simpel dan murah dalam penggunaannya, tetapi kelemahannya adalah faktor daya yang rendah, efisiensi yang rendah, tidak dapat didimmer, serta berat dan ukuran yang besar dll. Ballast elektronik adalah alternative lain untuk mensuplay lampu HPS yang dapat menaikkan unjuk kerja ballast konvensional Pada tugas akhir ini dibuat InverterResonansi Seri frekuensi tinggi topologi half bridge dengan mosfet sebagai piranti pensaklarannya. Inverter beroperasi pada kondisi Zero Voltage Switching (ZVS), dengan frekuensi nominal di atas frekuensi resonansinya. Kontrol frekuensi pemicuannya menggunakan IC TL 494, pengaturan daya output dilakukan dengan mengubah frekuensi pemicuan, sehingga lampu dapat diredupkan (didimmer) . Pengoperasian lampu dengan inverter frekuensi tinggi dapat memperbaiki kinerja lampu. Pengaturan daya output dilakukan dengan penambahan frekuensi switching yang menyebabkan lampu dapat didimmer. Peredupan yang dilakukan dapat dilakukan pada rentang 150watt sampai dengan 30 watt pada frekuensi 22 KHz sampai dengan 40 Khz. kata kunci : Ballast elektronik, Inverter half bridge, resonansi seri, Zero Voltage Switching (ZVS)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25336
Deposited By:Mr. Sudjadi Pranoto
Deposited On:11 Jan 2011 14:06
Last Modified:11 Jan 2011 14:06

Repository Staff Only: item control page