OPTIMALISASI UNJUK KERJA PLANT TIME VARYING MENGGUNAKAN KENDALI FUZZY ADAPTIF DENGAN METODE SECARA TIDAK LANGSUNG ( Studi Kasus Pada Kontrol Level Surge Tank )

Khumaeni, Akhmad and Sumardi, Sumardi and Setiawan, Iwan (2011) OPTIMALISASI UNJUK KERJA PLANT TIME VARYING MENGGUNAKAN KENDALI FUZZY ADAPTIF DENGAN METODE SECARA TIDAK LANGSUNG ( Studi Kasus Pada Kontrol Level Surge Tank ). Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
328Kb

Abstract

Proses perancangan kendali fuzzy yang berdasarkan pada penggunaan informasi heuristik dari seorang ahli telah terbukti sukses dalam berbagai penerapan di bidang industri. Ada beberapa masalah serius yang ditemukan pada penerapan di bidang kontrol, antara lain : penentuan fungsi keanggotaan dan aturan dasar sistem dalam menemukan unjuk kerja sistem agar sesuai dengan setting point yang diinginkan, masih dilakukan dengan coba-coba (trial and error). Kedua, kendali fuzzy yang dibentuk berdasarkan pada sifat-sifat plant saja kurang sesuai dengan kebutuhan pengendalian plant tersebut, karena apabila terjadi perubahan parameter plant, atau jika ada beberapa gangguan dan pengaruh dari lingkungan sekitarnya menyebabkan pengontrolan tidak lagi sesuai untuk plant yang digunakan. Pendekatan kendali fuzzy adaptif dengan metode secara tidak langsung (indirect adaptive fuzzy control) mampu memberikan pengendalian dalam suatu perubahan dinamik proses sistem dan karakter sebuah gangguan dan plant tidak tentu (time varying), pendekatan kendali fuzzy adaptif metode secara tidak langsung menggunakan identifikasi secara on-line untuk mengestimasikan parameter model plant, pengestimasian parameter model plant menggunakan metode Recursive Least Square (RLS). Kendali fuzzy adaptif dengan metode secara tidak langsung mampu melakukan pengontrolan terhadap plant surge tank ( plant time varying ) dengan nilai overshoot sebesar 3,1038 persen, nilai waktu naik sebesar 14,4 detik dan waktu penetapan sebesar 19,9 detik, untuk masukkan sinyal step, pengontrolan juga dilakuan untuk masukkan sinyal pulsa dan sembarang step dan didapatkan sistem mampu mengikuti referensi dengan baik. Kata Kunci: Fuzzy, Adaptif , Recursive Least Square (RLS).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25330
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:11 Jan 2011 13:42
Last Modified:11 Jan 2011 13:42

Repository Staff Only: item control page